Kerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman: Seribuan Warga Padati Hari Jadi Sanggar Rangkiang Palito

Minggu, 01 Maret 2020, 16:25 WIB | Wisata | Kab. Padang Pariaman
Kerjasama dengan Forum Batajau Seni Piaman: Seribuan Warga Padati Hari Jadi Sanggar...
Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Muhammad Fadli. (istimewa)

VALORAnews - Sedikitnya, 1.500 orang warga dari berbagai daerah, meriahkan peringatan hari jadi Sanggar Rangkiang Palito yang diunggah Forum Batajau Seni Piaman bersama masyarakat Korong Panti Kayu, Nagari Bisati, Padangpariaman, Sabtu (29/2/2020) lalu.

Alek ini digelar di halaman kantor Korong Panti Kayu. Nampak pada kegiatan tersebut walikorong, walinagari, camat, ketua KNPI dan teristimewa malam itu juga datang Kepala Taman Budaya Sumatera Barat, Muasri.

Dalam sambutannya, Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Muhammad Fadli menjelaskan, kegiatan festival yang selama ia dan timnya laksanakan, adalah upaya untuk menyatukan semangat kebersamaan antar nagari, kelurahan atau desa di kawasan Piaman Laweh.

Ia berharap, kegiatan malam itu bukan yang terakhir. "Semoga ke depan, Bisati dapat punya kegiatan sendiri yang akan berlangsung secara rutin dengan memegang prinsip mandiri oleh dan untuk masyarakat," sebutnya.

Baca juga: Forum Batajau Seni Piaman Buka Bursa Tuan Rumah untuk Iven 2021, Ini Empat Prinsipnya

Sementara itu, Wali Nagari Bisati, mengharapkan agar Sanggar Rangkiang Palito dan keluarga Forum Batajau Seni Piaman dapat bersama-sama membantu pihaknya dalam mengembangkan kesenian di kawasan Bisati.

"Insyaa allah, tahun ini kita akan anggarkan pengadaan alat-alat dan kantor korong ini juga akan kita terus bangun dimana pada lantai dua nantinya akan jadi sentra kesenian Bisati,"sebutnya.

Dia menyambut baik kegiatan yang digelar malam itu, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi generasi muda di Bisati agar lebih mencintai seni tradisi.

Baca juga: Atraksi Forum Batajau Seni Piaman di Peluncuran Pemilihan Serentak Padangpariaman Dilirik KPU Sumbar

Sementara itu, Muasri mengharapkan, masyarakat dapat memagar generasi muda dari kegoncangan budaya (shock culture) yang jamak terjadi saat ini. "Kami mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, mendukung Forum Batajau Seni Piaman untuk terus berkegiatan seperti ini. Tidak ada yang akan kita harapkan lagi kecuali kesadaran generasi muda, karena masa depan Ranah Minang ada di tangan mereka," katanya.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: