PPDB Online Tahun 2024, Komisi V DPRD Riau: Jangan Sampai Label 'Sekolah Plus' Sebatas Nama

Senin, 22 April 2024, 09:15 WIB | News | Provinsi Riau
PPDB Online Tahun 2024, Komisi V DPRD Riau: Jangan Sampai Label 'Sekolah Plus' Sebatas...
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau, Robin P Hutagalung memimpin rapat tentang PPDB online dengan jajaran Dinas Pendidikan Riau, Rabu (17/4/2024). (humas)

PEKANBARU (17/4/2024) - Komisi V DPRD Riau gelar evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tingkat SMA di Provinsi Riau.

"PPDB yang dibahas terkait sekolah-sekolah yang diberi perhatian khusus seperti SMA Negeri Plus, SMK Pintar, SKO, SMK Perikanan dan SMK Pertanian," unkap Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau, Robin P Hutagalung.

Hal itu disampaikan Robin usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Pendidikan Riau di Ruang Rapat Komisi V, Rabu (17/4/2024).

Rapat ini juga dihadiri Wakil Ketua Komisi V DPRD Riau, Karmila Sari, Syamsurizal (Sekretaris Komisi V) serta Anggota lainnya, Marwan Yohanis, Eva Yuliana, M Arpah, Sehat Abdi Saragih dan Iwa Sirwani Bibra.

Baca juga: Pansus LKPj Riau 2023 Kupas Capaian Sektor Kesehatan dan Pendidikan

Hadir dalam rapat ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Tengku Fauzan beserta jajaran, Kepala SMA Negeri Plus Provinsi Riau, Edi Sutono beserta jajaran dan Kepala SMA Negeri Olahraga Provinsi Riau (SKO) Aslim beserta jajaran.

Dalam rapat ini teruangkap, Disdik Riau yang mengaku sudah melakukan perbaikan pada tenaga pendidik, sarana-prasarana, hingga tahapan seleksi yang diharapkan bisa secepatnya membuahkan inovasi-inovasi baru terutama pada peningkatan kualitas guru.

Menyoroti permasalahan yang kerap terjadi setiap tahunnya, Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Marwan Yohanis, dengan tegas menyatakan agar tidak membiarkan sistem PPBD lemah karena akan rentan terjadi berbagai kecurangan.

"Memang harus kita mulai. Mari kita perbaiki sistem penerimaan murid baru yang bersih (bebas KKN)," pungkasnya.

Baca juga: Komisi II DPRD Riau Pelajari Kiat Pengawasan dan Pengendalian Harga Pokok ke DPRD Sumbar

Juga mengenai mutu sekolah, Marwan Yohanis menekankan agar label 'plus' tidak hanya nama saja, melainkan mencerminkan kualitas sekolah dan anak didik.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: