Tambang Batu Bara Ombilin jadi Warisan Budaya Dunia, Wagub: Segera Benahi Infrastruktur Penunjang

Kamis, 18 Juli 2019, 17:46 WIB | News | Kota Sawahlunto
Tambang Batu Bara Ombilin jadi Warisan Budaya Dunia, Wagub: Segera Benahi Infrastruktur...
Wagub Sumbar, Nasrul Abit memasuki lobang tambang Mbah Suro yang jadi ikon wisata tambang Kota Sawahlunto, dalam kunjungan kerjanya, Rabu (17/7/2019). (humas)

"Kalau disetujui kita bisa mengajukan usulan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan memperlebar ruas jalan, agar akses ke Sawahlunto lancar," sebut Nasrul Abit.

Sementara itu, Deri Asta bersyukur atas pencapaian Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto Warisan Budaya Dunia UNESCO, di mana lahan bekas tambang PT Bukit Asam Tbk kini telah mampu berubah menjadi lokasi wisata hingga mampu masuk menjadi Warisan Budaya Dunia UNESCO.

"Kami akan bekerjasama dengan kabupaten dan kota terkait antara Pemerintah Kota Sawahlunto dengan PT Bukit Asam selaku pengelola pertambangan Ombilin dapat berjalan baik dan terus ditingkatkan," ujarnya.

Baca juga: Kaldera Danau Toba Ditetapkan Unesco jadi Warisan Dunia, Ini Harapan Kadiskominfo Sumut pada Wartawan Unit Pemprov

Selain itu, Sawahlunto yang paling siap baik secara dokumen, komitmen dan berbagai unsur yang harus ada di dalamnya, termasuk komitmen dari lima daerah lain di sekitar Sawahlunto yang menjadi bagian dari sejarah perkembangan aktivitas kota industri batu bara masa lalu tersebut.

"Secara teknis kami sudah siap, namun tidak bisa bergerak sendiri untuk pengelolaan kota warisan budaya dunia ini, harus didukung Pemprov dan pemerintah pusat serta dukungan dari semua pihak," ungkap Deri Asta. (rls/vry)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: