Payakumbuh Raih KLA Pratama

Rabu, 12 Agustus 2015, 16:10 WIB | News | Kota Payakumbuh
Payakumbuh Raih KLA Pratama
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi bersama Kepala BPMP-KB Yummardius dan stafnya Nit, foto bersama di depan Istana Bogor, usai menerima Piala Kota Layak Anak 2015, Selasa (11/8/2015). (humas)

VALORAnews - Untuk kedua kalinya, Kota Payakumbuh memperoleh penghargaan Kota Layak Anak (KLA) Nasional tingkatPratama 2015. Penghargaan plus piala itu, diterima Walikota Payakumbuh Riza Falepi dari Presiden RI Joko Widodo, dalam acara peringatan Hari Anak Nasional 2015, di Istana Negara Bogor, Selasa (11/8/2015).

Penghargaan itu, sebagai bukti kepedulian pemko dalam menjaga dan melindungi anak dan perempuan di Kota Batiah ini.

Walikota Payakumbuh, Riza Falepi yang dihubungi, Rabu (12/8/2015) mengatakan, penghargaan yang diterima Payakumbuh itu, bukan tidak berproses, namun dilakukan melalui perjuangan dan kerja keras seluruh komponen di pemerintahan, dukungan DPRD serta partisipasi masyarakat.

"Pemerintah pusat menetapkan daerah ini sebagai daerah yang layak untuk anak-anak, setelah menurunkan tim penilai dan melihat dari dekat komitmen pemko dalam penyediaan fasilitas dan program ke depan," ujar Riza dalam siaran pers Pemko Payakumbuh, beberapa saat lalu.

Baca juga: Pelatihan bagi WRSE Angkatan V, Supardi: Gali Ilmu agar Semangat Berusaha Terpelihara

Dikatakan, komitmen dan kerja keras itu, telah berujung kepada pembentukan sejumlah lembaga yang ramah anak, kemudian mendorong seluruh kelurahan menjadi kelurahan yang ramah anak.

"Pembangunan infrastruktur yang tersebar di seluruh kelurahan, harus berwawasan lingkungan dan ramah anak," tambah Riza.

"Sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, harus dilakukan terintegrasi dan bersinergi,terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan. Setiap program dan kegiatan itu, bertujuan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak," tegasnya.

Menurut Riza, sebagai kota sedang yang terus membangun, pemko selalu mendorong pihak swasta menyediakan fasilitas areal permainan buat anak. Kemudian, disetiap sekolah, mulai dari PAUD dan SD, dilengkapi dengan sejumlah kebutuhan bermain bagi anak.

Baca juga: BPOM Payakumbuh Sosialisasikan Pro-PN Keamanan Pangan di Bukittinggi, Ini Lokasinya

Tahun ini hingga tiga tahun ke depan, pemko dipercaya pemerintah pusat membangun ruang terbuka hijau, dengan total kawasan seluas lima hektar.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: