Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Apresiasi Gerakan Literasi Padangpanjang

Selasa, 15 Agustus 2017, 17:47 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Apresiasi Gerakan Literasi Padangpanjang
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar, Alwis meninjau aktivitas literasi yang digelar di halaman kampus STAI Imam Bonjol Kelurahan Pasar Usang, Minggu (13/8/2017). (humas)

VALORAnews - Menurut Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar, Alwis, gerakan literasi di Kota Padangpanjang telah berjalan baik. Koordinasi antara Pemerintah Kota, Penggiat Literasi dan respon dari masyarakat sangat positif.

"Saya bangga dengan Kota Padang Panjang," Alwis saat kunjungan ke Padangpanjang, Minggu (13/8/2017). Alwis mengunjungi Padangpanjang bersama Ketua Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat, Januarisdi dan Ketua Yayasan Gemar Membaca Indonesia Wilayah Sumatera Barat, Basri Syafrizal.

Alwis mengunjungi Padangpanjang dengan tiga agenda utama yaitu melihat langsung gerakan literasi disertai wakaf buku untuk tambahan koleksi di Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang. Selain itu, beliau juga bertemu dengan komunitas dan forum literasi serta memantau persiapan Raisha Nashifah menuju lomba bercerita tingkat Nasional September mendatang.

Kunjungan diawali dengan forum bersama penggiat literasi yang kebetulan sedang melakukan kegiatan latihan literasi rutin tiap minggunya. Pada kesempatan tersebut, dia menyatakan salut dan bangga dengan generasi muda Padangpanjang yang mau belajar literasi. Beserta rombongan, dia juga memberikan masukan, saran dan tanya jawab dengan peserta forum.

Baca juga: Nasrul Abit Ingatkan Pentingnya Menjaga Kasih Sayang pada Puja dan Ica

Dilanjutkan dengan kunjungan Lapak Buku yang memang diadakan tiap dua minggu sekali. Lapak buku tersebut merupakan pustaka keliling yang diadakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang. Kegiatan ini ditujukan untuk lebih merangkul masyarakat terutama generasi muda agar lebih giat membaca.

Pada acara tersebut juga ditampilkan bakat-bakat muda Padangpanjang dibidang literasi seperti baca puisi, bercerita dan sebagainya. Kali ini, Lapak Buku digelar di halaman kampus STAI Imam Bonjol Kelurahan Pasar Usang. Respon dari warga masyarakat sekitar juga sangat positif, terlihat dari tingginya antusiasme warga mengunjungi Lapak Buku.

Alwis dalam sambutannya menyebutkan, "Ini yang pertama digiatkan di Sumbar, dan saya berharap Kota/Kabupaten lain dapat mencontoh keberhasilan Kota Padangpanjang dan untuk Kota Padangpanjang kedepannya lebih baik lagi sehingga dapat mencapai impiannya menjadi Kota Literasi."

Dikesempatan tersebut, Alwis menyerahkan Wakaf Buku mendukung gerakan Padangpanjang Banjir Buku. Buku-buku yang diserahkan merupakan karangan dari Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang berjudul "Anakku, Penyejuk Hatiku" dan "Pantun Spontan ala Irwan Prayitno."

Baca juga: HM Tauhid dan Alwis Berbesan: Prosesi Akad Nikah Annisa dan Puja Ikuti Protokol Kesehatan

Dia juga sebutkan akan terus mengupayakan menambahkan koleksi buku di Perpustakaan Daerah Kota Padangpanjang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: