Diundang KBRI Rusia, Irwan: Semua Peluang Promosi Wisata akan Dimaksimalkan

Selasa, 09 Mei 2017, 20:41 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Diundang KBRI Rusia, Irwan: Semua Peluang Promosi Wisata akan Dimaksimalkan
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berdialog dengan Wakil Kedubes RI untuk Rusia dan Belarusia, Lastro Simbolon dan rombongan, Selasa (9/5/2017) di gubernuran. Kunjungan ini dalam rangka mengajak Pemprov Sumbar untuk berpartisipasi pada Festival Indonesia ya
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, menerima Wakil Kedutaan Besar (Kedubes) RI untuk Rusia dan Belarusia, Lastro Simbolon, Selasa (9/5/2017) di gubernuran. Lastro dan rombongan, mengundang Pemprov Sumatera Barat untuk ikut berpartisipasi pada Festival Indonesia di Rusia, 4-6 Agustus 2017.

"Festival Indonesia ini adalah yang kedua kalinya digelar oleh KBRI Rusia dan Belarusia untuk meningkatkan volume perdagangan, investasi, dan kunjungan wisatawan dari Rusia ke Indonesia," ungkap Irwan tentang pertemuannya itu seperti diunggah di laman facebook-nya.

Dikatakan Irwan, pada festival pertama, ada 40 Usaha Kecil Menengah (UKM) dan restoran serta waralaba ternama Indonesia, ikut memamerkan produk-produknya di samping sajian kesenian dan budaya Indonesia.

Sementara, atraksi seni dan budaya yang ditampilkan, sebagian besar berasal dari Bali, Jawa dan Maluku. "Bapak Lastro Simbolon mengharapkan, festival kali ini lebih semarak dengan promosi daerah, seni dan budaya dari berbagai daerah, termasuk Sumbar," ungkap Irwan.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

Keindahan alam dan seni budaya Sumbar yang unik, terangnya, dinilai bisa memberikan nilai tambah terhadap festival yang digelar tersebut. "Hal ini sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2017. Dimana, ditargetkan akan ada 100 ribu orang yang datang berkunjung," terangnya.

Menurut Irwan, peluang untuk itu cukup terbuka. Faktor utamanya, maskapai dari PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), berencana membuka penerbangan langsung Jakarta-Moskow, pada Agustus 2017 dengan frekuensi penerbangan tiga kali dalam seminggu.

"Saya menanggapi positif peluang untuk promosi wisata di Rusia ini, karena salah satu fokus pembangunan di Sumbar saat ini adalah pariwisata. Semua peluang yang ada akan kita maksimalkan dengan tetap menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia," terang Irwan.

"Saya akan mempertimbangkan undangan dari KBRI Rusia dan Belarusia tersebut, karena potensi wisatawan Rusia untuk berlibur di Indonesia cukup besar. Sumbar diharapkan bisa ikut menyumbang angka kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia," tambahnya.

Baca juga: Cuti Kampanye Pilkada Serentak 2024, Mahyeldi Usulkan Wagub jadi Pjs Gubernur Sumbar

Kunjungan wisatawan asing yang meningkat ke Sumbar, menurut Irwan, akan menguntungkan masyarakat terutama mereka yang berkaitan dengan industri pariwisata. "Sumbar memiliki potensi wisata yang sangat besar, tidak hanya wisata alam tetapi juga wisata berbasis budaya dan kuliner," terangnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: