BI Sumbar Kupas Masalah Pertanian guna Mendukung Ketahanan Pangan

Sabtu, 08 April 2017, 23:49 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
BI Sumbar Kupas Masalah Pertanian guna Mendukung Ketahanan Pangan
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memberikan sambutan pada dialog bertemakan "Sinergi Penanganan Permasalahan Pertanian dengan Pengendalian Inflasi" yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat, Kamis (6/4/2017).
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Ada tiga strategi yang dapat ditempuh yaitu pertama, penguatan kelembagaan petani melalui penerapan corporate farming. Dengan kata lain, petani melalui kelompok tani bergabung membentuk badan usaha milik petani (BUMP) yang menangani aspek manajemen usaha, penggabungan lahan dan proses mekanisasi produksi. Melalui pembentukan BUMP ini, diyakini akses para petani ke sumber pembiayaan lebih mudah dan lebih kuat, di samping akan memperkuat kelembagaan petani itu sendiri. Kemitraan strategis petani dengan pemasok bibit dan sarana produksi dengan jaringan distribusi besar dan eceran juga diharapkan lebih mudah dijalin.

Strategi kedua adalah pembenahan tata niaga dan distribusi komoditas bahan pangan. Strategi ini dilakukan antara lain melalui revitalisasi pasar induk dan pasar tradisional dalam rangka meningkatkan efisiensi perdagangan sehingga diharapkan dapat memperlancar arus distribusi bahan pangan dan sekaligus meningkatkan efisiensi pembentukan harga di pasar. Dukungan berupa perbaikan infrastruktur pertanian seperti saluran irigasi dan perbaikan konektivitas berupa jalan dan pelabuhan diharapkan makin memperlancar distribusi komoditas bahan pangan.

Ketiga, peningkatan kecukupan pasokan dan pengelolaan permintaan. Di samping itu, penting pula dilakukan upaya-upaya edukasi kepada konsumen untuk mengurangi ketergantungan pada satu jenis komoditas saja melalui diversifikasi pangan. Pola konsumsi masyarakat untuk komoditas bahan pangan tertentu, misalnya cabai, perlu dikurangi dari ketergantungan terhadap cabai segar menjadi cabai olahan. (rls/vri)

Baca juga: PILKADA 2024: Di Pessel, Pemilih Berkurang 555 Orang di DPT

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: