BPOM Bertekad Wujudkan Kantin Sehat di Kota Padang

Selasa, 31 Januari 2017, 08:59 WIB | News | Kota Padang
BPOM Bertekad Wujudkan Kantin Sehat di Kota Padang
Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar, Zulkifli, memerlihatkan produk sitaan yang dilarang beredar di masyarakat pada acara ulang tahun BPOM ke-16, Senin (30/1/2017). (vebi rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar, Zulkifli bertekad, menjadikan kantin sekolah di Padang sebagai kantin sehat. Mewujudkan hal itu, BPOM akan berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan terkait kantin sehat di antaranya kebersihan tempatnya, penyajiannya dan tentu makanan itu sendiri," ujar Zulkifli, Senin (30/1/2017).

Dikatakan, BPOM sudah memberikan sosialisasi kantin sehat ini pada pihak sekolah, pelajar dan pemilik kantin sendiri. BPOM juga telah menyiapkan fasilitator yang akan mengawasi serta mobil lab keliling.

"Saya mengimbau pihak sekolah, agar ikut mengawasi kantin di sekolahnya. Karena, BPOM tentu tidak mungkin mengawasi kantin tersebut, karena bukan wewenang kami," ujarnya disela-sela acara ulang tahun BPOM ke-16.

Baca juga: Makanan yang Dijual Pedagang di Sekitar Sekolah Mesti Diperiksa

Di kesempatan itu, Zulkifli mengimbau masyarakat, agar lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih produk. "Maraknya penjualan produk-produk secara online juga harus lebih dicermati.Tak jarang produk-produk yang dijual tidak memiliki izin edar," terangnya.

"Belum lagi maraknya produk-produk makanan yang banyak beredar. Kita akan terus mengawasi semua produk luar yang beredar, kalau tidak terdaftar maka kita akan tarik/sita," tambahnya.

Selama ini masih banyak ditemukan produk kesehatan dan kecantikan yang dijual di pasaran tidak terdaftar di BPOM. Produk-produk tersebut banyak mengandung zat berbahaya sepeti mercury dan zat kimia yang dapat membahayakan kesehatan. (vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: