Irwan Prayitno Bahas Isu Emisi Karbon dengan Menteri Iklim dan LH Norwegia

Kamis, 12 Januari 2017, 21:33 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Irwan Prayitno Bahas Isu Emisi Karbon dengan Menteri Iklim dan LH Norwegia
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno didampingi dubes Indonesia untuk Norwegia, berdialog dengan Menteri Iklim dan LH negara tersebut, dalam kunjungan kerjanya, Kamis (12/1/2017). (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Setibanya di Oslo, Norwegia, Kamis (12/1/2017), Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno ditemani Dubes Indonesia untuk Norwegia, langsung menggelar rapat dengan Menteri Iklim dan Lingkungan Hidup Norwegia.

"Norwegia adalah partner aktif dalam upaya pelestarian hutan Sumatera Barat. Pemerintah Norwegia melalui UNDP, telah membantu Sumbar dengan 84 kegiatan sejak 2013 hingga saat ini. Sekarang pada tahapan persiapan untuk tata kelola hutan. Selain itu juga NGO Norwegia, Rain Forest Foundation juga melakukan capacity building dan planning di Sumbar," ungkap Irwan di akun media sosial facebook miliknya, beberapa saat lalu.

Selain upaya melakukan perlindungan dan pemeliharaan hutan, ungkap Irwan, Norwegia juga memberi bantuan livelihood di 9 Hutan Nagari. "Rapat dengan Menteri Iklim dan LH ini, juga untuk program berikutnya yaitu implementasi dari rencana yang sudah dibuat pada saat readiness. Dari 2 juta Ha lebih hutan di Sumbar, 500 ribu Ha sudah dialokasikan untuk dikelola masyarakat," ungkap Irwan.

Ditegaskan Irwan, Sumbar punya komitmen dan kebijakan, untuk menjaga hutan bersama-sama masyarakat melalui Hutan Nagari dan Hutan Kemasyarakatan.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW, Gubernur Ajak ASN Jaga Kondusivitas

Menteri Iklim LH Norwegia usai mendapat penjelasan tentang pengalaman Sumbar kelola hutan bersama masyarakat, ungkap Irwan, bisa memahami upauya Pemprov Sumbar dalam mengurangi emisi karbon dari sektor kehutanan.

"Berdasarkan hasil riset NGO Warsi, perhutanan sosial yang diterapkan di Sumbar, bisa menekan emisi karbon di 10 nagari. Pemerintah Norwegia sangat mendukung untuk langkah berikutnya," ungkap Irwan. (rls/kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: