Pacific Partnership 2016 untuk Wujudkan Kolaborasi Tangani Bencana

Selasa, 23 Agustus 2016, 10:48 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Pacific Partnership 2016 untuk Wujudkan Kolaborasi Tangani Bencana
Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters memberikan sambutan pada pembukaan latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet, Senin (22/8/2016) di Mako L
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Memperkuat kemaritiman dan penanggulangan kebencanaan, diperlukan sebuah kerjasama. Tidak saja antar daerah, tetapi juga dengan negara lain. Seperti yang dilakukan pada kegiatan Pacific Partnership 2016 di Kota Padang.

Kegiatan latihan bersama tujuh negara ini dititikberatkan kepada latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet. Latihan bersama itu dibuka Senin (22/8/2016).

Bertempat di Mako Lantamal II Teluk Bayur, Asops Panglima TNI Mayjen TNI Agung R membuka langsung kegiatan yang sudah lebih dulu dimulai sejak 10 Juli hingga 31 Agustus ini.

"Latihan bersama ini kita harapakan dapat menjadi forum untuk kita saling meningkatkan kepercayaan dan sebagai tukar pengalaman dan pengetahuan, tanpa menghilangkan saling menghargai atau standar prosedur yang ada antar negara," terang Mayjend Agung.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

Mayjend Agung R juga menyebut, dengan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dan kerjasama akan tercapai tujuan latihan bersama yang sebenarnya. Sehingga seluruh negara yang melakukan latihan akan mendapat pengetahuan yang lebih.

"Termasuk TNI, juga dapat meningkatkan kemampuan dalam mengorganisir latihan kesehatan militer berskala internasional," tukasnya. (Baca: Pacific Partnership 2016, Mahyeldi: Berbagi Pengetahuan Tangani Bencana)

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Kota Padang, yang telah jadi tuan rumah acara ini. Brian menekankan bahwa kegiatan Pacific Partnership 2016 dapat terjadi kolaborasi yang sangat baik antara negara. "Ini akan menjadi kolaborasi yang cukup baik nantinya," harapnya.

Pacific Partnership merupakan iven tahunan. Kegiatan ini lebih kepada operasi bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana dalam bentuk pengerahan kekuatan armada pasifik angkatan laut Amerika Serikat yang bekerjasama dengan negara di Asia Pasific. (vri/rls)

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: