Sumbar Raih Pendapatan 3,5 Juta Dollar Amerika dari Perdagangan Karbon, Ini Rencana Plt Gubernur

Selasa, 15 Oktober 2024, 15:15 WIB | News | Kab. Mentawai
Sumbar Raih Pendapatan 3,5 Juta Dollar Amerika dari Perdagangan Karbon, Ini Rencana Plt...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan bantuan Alat Ekonomi Produktif bagi Kelompok Perhutanan Sosial di Kabupaten Mentawai dari Pemprov Sumbar, di Kantor UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Mentawai, Senin. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

MENTAWAI (14/10/2024) -- Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menekankan, Sumbar memiliki karakteristik unik. Dimana, 58 persen dari total luas wilayahnya merupakan kawasan hutan.

Dari jumlah tersebut, hampir 30 persen adalah hutan lindung yang harus dikelola dengan bijak agar tetap lestari.

Di Kepulauan Mentawai, 82 persen wilayahnya bahkan adalah kawasan hutan. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu daerah dengan potensi kehutanan yang sangat besar di Sumbar.

"Dulu, hutan kita banyak dimanfaatkan dengan menebang kayu dan menjualnya ke luar. Sekarang, dengan program perhutanan sosial ini, kita berharap masyarakat bisa ikut memanfaatkan hasil hutan secara berkelanjutan, tanpa merusaknya," kata Audy.

Baca juga: Pelajari Cara Dapat Duit dari Perdagangan Karbon, Wagub Sumbar Pimpin Rombongan Belajar ke Kaltim

Hal itu dikatakannya, saat penyerahan bantuan Alat Ekonomi Produktif bagi Kelompok Perhutanan Sosial di Kabupaten Mentawai dari Pemprov Sumbar, di Kantor UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Mentawai, Senin.

Bantuan itu terdiri dari dua unit ATV, dua unit mesin kupas pinang, empat unit sealer, dua stup lebah, dua alat panen madu, dan dua setel baju panen.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak; Plh Asisten I Setdaprov Sumbar, Irwan; Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda; Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Prov Sumbar, Novi dan Kepala Biro Adpim Setda Prov Sumbar, Mursalim.

Selain itu turut hadir, Kepala KPHP Mentawai, Afrial Muhammad: peserta penerima Kelompok Perhutanan Sosial Kabupaten Kepulauan Mentawai dan sejumlah Kepala Desa serta Ketua Adat Mentawai.

Kehadiran mereka menunjukkan komitmen bersama untuk memajukan perekonomian lokal, terutama melalui sektor perhutanan sosial.

Dalam sambutannya, Audy Joinaldy menyampaikan harapannya, agar bantuan tersebut dapat digunakan secara maksimal.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024