Hari I Rekapitulasi Perolehan Suara PSU DPD, 17 Daerah Tuntas

Sabtu, 20 Juli 2024, 08:34 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Hari I Rekapitulasi Perolehan Suara PSU DPD, 17 Daerah Tuntas
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen didampingi 4 komisioner lainnya, memimpin rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara PSU DPD Pascaputusan Mahkamah Konstitusi, Jumat.
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Sesi selanjutnya, pimpinan rapat pleno mempersilahkan saksi calon beserta Bawaslu Sumbar mempertanyakan pelaksanaan setiap tahapan PSU DPD yang dilakukan di masing-masing daerah. Terakhir, perolehan suara itu disahkan pimpinan sidang.

Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pada PSU DPD RI yang pencoblosannya tanggal 13 Juli 2024 lalu itu, merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi tanggal 10 Juni 2024.

Dimana, KPU telah menetapkan tahapan dan jadwal melalui Keputusan KPU No 768 tentang Pemilu DPD Dapil Sumbar tahun 2024.

Baca juga: KPU Sumbar Pastikan Syarat Pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada 2024 Sesuai Putusan MK No 60

Dalam pengantarnya, Surya Efitrimen menegaskan, rekapitulasi perolehan suara ini merupakan lanjutan dari rekapitulasi perolehan hasil penghitungan suara yang telah dilakukan secara berjenjang. Mulai dari penghitungan suara di TPS yang dilanjutkan dengan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di PPK dan KPU Kabupaten/Kota.

Rapat pleno KPU Sumbar ini dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu Sumbar serta kabupaten kota, termasuk para saksi dari 16 calon Anggota DPD RI. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: