Jembatan Darurat Bukik Batabuah Selesai Dipasang, Bisa Dilewati Kendaraan Tonase 20 Ton

Sabtu, 25 Mei 2024, 18:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Jembatan Darurat Bukik Batabuah Selesai Dipasang, Bisa Dilewati Kendaraan Tonase 20 Ton
Warga Nagari Bukik Batabuah, mengatur arus lalu lintas kendaraan yang melintas di Jembatan Kasiak yang rusak berat akibat diterjang banjir lahar dingin Marapi. (humas)

AGAM (25/5/2024) - Sebanyak 6 dari 21 unit jembatan yang rusak diterjang banjir lahar dingin Marapi di Agam, telah selesai dikerjakan Denzipur TNI dan Pemkab Agam.

"Jembatan Kasiak di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang telah dapat digunakan oleh pengendara kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan tonase 20 ton," ungkap Kepala Dinas PUTR Agam, Ofrizon, Jumat.

Selain jembatan, ungkap Ofrizon, kerusakan akibat banjir lahar dingin yang disebut masyarakat dengan Galodo itu, juga menerpa 54 unit saluran irigasi teknis.

"Normalisasi dan perbaikan tanggul sungai dan 22 unit saluran irigasi, sedang dikerjakan," ungkapnya

Baca juga: Baznas Agam Potong 4 Sapi Kurban, Dagingnya Dibagikan untuk Warga di 8 Lokasi

"Untuk pembiayaan, diusulkan melalui dana kedaruratan dalam masa tanggap kerjasama Pemkab dengan BWSS Wilayah V," tambahnya.

Dia mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Daerah, kepada semua pihak yang telah membantu perbaikan infrastruktur itu.

Ketua Pemuda Bukik Batabuah, Dedi mengatakan sangat senang dengan telah selesai dan bisa dipakainya jembatan Batang Kasiak tersebut.

"Kami atas nama warga mengucapkan terima kasih pada semua pihak, khususnya personel TNI yang telah selesai mengerjakan jembatan sehingga akses kami ke kampung sebelah bisa lancar kembali," katanya.

Baca juga: Agam Siapkan Lahan Seluas 1,4 Ha di Jorong Suraboyo untuk Relokasi Korban Banjir Lahar Dingin

Selanjutnya, dia juga berharap jembatan ini bisa dibangun dengan jembatan yang lebih bagus di masa yang akan datang. (*)

IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: