Diskominfotik dan Biro Adpim Sumbar Pelajari Aplikasi SIMAJU Pemkab Agam

Kamis, 05 September 2024, 22:40 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Diskominfotik dan Biro Adpim Sumbar Pelajari Aplikasi SIMAJU Pemkab Agam
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Syatria berdiskusi dengan tim dari Diskominfotik dan Biro Adpim Setdaprov Sumatera Barat tentang pengelolaan kerjasama publikasi dengan media di kantor Bappeda Agam, Rabu. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (4/9/2024) - Aplikasi Sistem Informasi Media Agam Maju (SIMAJU) milik Pemkab Agam dipelajari tim dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) dan Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Sumatera Barat.

"Kelebihan utama aplikasi SIMAJU adalah pendaftaran media kerjasama yang sudah bisa dilakukan secara online dan modul e-kliping yang memungkinkan perusahaan pers untuk mengunggah satu berita per hari," ungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Syatria.

Hal itu dikatakan Syatria saat pendampingan dalam pengelolaan aplikasi SIMAJU yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Agam, di Ruang Rapat Bappeda, Rabu.

Aplikasi SIMAJU yang sudah dibangun sejak tahun 2021, dirancang untuk memfasilitasi kerjasama publikasi antara pemerintah daerah dan perusahaan pers.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

Penggunaannya di Kabupaten Agam diatur dalam Peraturan Bupati No 2 Tahun 2022 tentang Pedoman Kerjasama Publikasi Pemerintah Daerah dengan Perusahaan Pers.

Dalam aturan tersebut, perusahaan pers diwajibkan untuk mengunggah persyaratan umum dan khusus ke dalam aplikasi SIMAJU.

Selain berfungsi sebagai Bank Berita, terang Syatria, Aplikasi SIMAJU juga membuat pekerjaan media mitra kerjasama, jadi lebih efektif dan efisien.

Karena, untuk mendaftarkan kerjasama ataupun menyerahkan kliping berita, tidak perlu mengantarkan langsung ke kantor. Cukup mengunggah e-kliping di aplikasi SIMJU tersebut.

Baca juga: Bupati Agam Bersama Grup Tarak Tacin Meriahkan Reuni Gadang 2024 IASMA Landbouw

"Jadi, bisa menghemat biaya dan waktu," tegasnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: