HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan Pemerintahan

Minggu, 14 April 2024, 11:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
HJK Limapuluh Kota ke-183, Mahyeldi Bagikan Kunci Sukses Penyelenggaraan Pembangunan dan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kabupaten (HJK) Limapuluh Kota ke-183 di aula sidang DPRD Limapuluh Kota, Sabtu. (humas)

Salah satunya dengan melakukan kerja sama daerah untuk menjawab permasalahan masyarakat dan keterbatasan daerah.

Dia memastikan, bahwa kerjasama daerah akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, daya saing daerah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kerjasama daerah akan dapat mengoptimalkan potensi sekaligus memecahkan berbagai persoalan terkait keterbatasan daerah dalam meningkatkan pembangunan."

Baca juga: 2 Km Badan Jalan Nasional di Jalur Lintas Sumatera Lembah Anai Amblas

"Pembangunan harus kolaboratif dan menggandeng banyak pihak. Jangan paksakan mendayung sendiri, dan kita harus memperkuat fungsi koordinator dengan mengoptimalkan bantuan stakeholders di luar pemerintah," ujar Mahyeldi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengungkapkan terimakasih atas dukungan pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan instansi vertikal serta seluruh pihak yang turut membantu pengembangan pembangunan.

Meski demikian, ia menyadari, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang perlu diselesaikan oleh pemerintah.

"Di usia 183 tahun ini, kita menyadari bahwa masih banyak tantangan yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan seluruh tantangan itu harus kita jawab."

"Kami berterima kasih atas partisipasi dan arahan seluruh pihak dalam pembangunan daerah di bawah kepemimpinan Safaruddin - Rizki Kurniawan sejauh ini," ujarnya.

Di sisi lain, perwakilan tokoh masyarakat Limapuluh Kota yang juga Rektor Universitas Andalas (Unand), Efa Yonnedi mengungkapkan, sektor pendidikan dan pendidikan tinggi jadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mewujudkan Limapuluh Kota sebagai salah satu kabupaten maju di Sumbar.

"Untuk mewujudkan daerah ini sebagai daerah maju, rata-rata penduduk harus memiliki pendapatan per kapita Rp200 juta per tahun, atau sekitar Rp15 juta per bulan."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: