Lebaran Serentak, Erman Safar Bergembira Seluruh Warga Bisa Bersamaan Shalat Idul Fitri 1445 H

Rabu, 10 April 2024, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Lebaran Serentak, Erman Safar Bergembira Seluruh Warga Bisa Bersamaan Shalat Idul Fitri...
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Beny Yusrial (ketua DPRD), Martias Wanto (Sekdako) bersama masyarakat ikuti shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Kantin, Rabu pagi. (hamriadi)

"Dimana tahun 2023 tersebut Kota Bukittinggi merupakan daerah yang terbesar dapat menekan angka kemiskinan se-Sumatra Barat. Kemudian, Tingkat Pengangguran Kota Bukittinggi, saat ini sudah mencapai angka 4,9% yang sudah jauh menurun dari tahun 2020 yang mencapai angka 7,51%," jelasnya.

Dia menambahkan, sesuai dengan fokus RPJMD Bukittinggi Tahun 2021-2026 pada pembangunan sektor ekonomi dan sumber daya manusia, Pemko Bukittinggi telah melaksanakan beberapa kebijakan dan program yang mengarah pada perbaikan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM.

Program yang betul-betul murni sesuai dengan kebutuhan lokal saat ini antara lain Tabungan Utsman yang merupakan program pembiayaan atau pinjaman modal tanpa biaya dan tanpa bunga bagi pelaku UMKM Kota Bukittinggi.

Baca juga: Ikut Keputusan Pemerintah, Bukittinggi Gelar Shalat Idul Fitri di Lapangan Kantin, Ini Khatib dan Imamnya

"Pinjaman yang dikucurkan melalui BPRS Jam Gadang in, disubsidi Pemerintah Kota Bukittinggi untuk pembayaran bunga atau marginnya, sehingga pelaku UMKM hanya membayar angsuran pokok saja."

"Setelah diluncurkan selama dua tahun dengan subsidi pemerintah sebesar Rp5 miliar, dan telah dikucurkan pembiayaan sebesar Rp29 miliar lebih dengan penerima manfaat sebanyak 3.500 lebih pelaku UMKM Kota Bukittinggi," ungkapnya.

Program peningkatan ekonomi, juga dilaksanakan dengan program pengentasan kemiskinan dalam hal peningkatan pendapatan masyarakat.

Diharapkan pelaku ekonomi skala kecil di Kota Bukittinggi dapat lebih berkembang dan tentunya terhindar dari jeratan rentenir.

"Seiring dengan peningkatan pendapatan masyarakat, dalam rangka mengurangi beban pengeluaran masyarakat khususnya masyarakat rentan kita tetap menjalankan program perlindungan sosial berupa bantuan sosial bagi masyarakat rentan atau miskin Kota Bukittinggi," ungkapnya.

Kepala Kantor Kemenag Bukittinggi, Eri Iswandi didampingi Ketua PHBI Bukittinggi, Zulfikar menyampaikan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 H.

Di antaranya, takbiran bersama warga di bawah gerbang Adat Basandi Syara' Syara' Basandi kitabullah. Selanjutnya, dilaksanakan shalat Idul Fitri di Lapangan Wirabraja.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: