Lebaran Serentak, Erman Safar Bergembira Seluruh Warga Bisa Bersamaan Shalat Idul Fitri 1445 H

Rabu, 10 April 2024, 10:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Lebaran Serentak, Erman Safar Bergembira Seluruh Warga Bisa Bersamaan Shalat Idul Fitri...
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Beny Yusrial (ketua DPRD), Martias Wanto (Sekdako) bersama masyarakat ikuti shalat Idul Fitri 1445 H di Lapangan Kantin, Rabu pagi. (hamriadi)

Khatib shalat Id, Dr Muhammad Zalnur, dalam khutbahnya, mengangkat tema Idul Fitri kembali pada kesucian, menyempurnakan pengabdian dan mewariskan masa depan.

Fitrah juga punya pengertian penciptaan dan kesucian. Tiga pengertian fitrah, fitrah pada penciptaan, fitrah pada jiwa dan fitrah pada dinullah.

"Kita sebagai muslim mempunyai landasan yang kuat untuk mengatur kehidupan diri dan keumatan di tengah pluralitas dan kemajuan di negeri ini."

"Sebagai umat Muhammad SAW semestinya meyakini kita dengan sepenuh hati bahwa junjungan kita Nabi Muhammad SAW adalah Rahmatan lil alamin."

"Ajaran yang dibawanya tidak hanya dalam urusan akhrawi semata, namun juga urusan duniawi, dari segala zaman, waktu dan semua makan, tempat," ungkapnya.

Bukittinggi merupakan sebuah wilayah administrasi kenegaraan, ia disebut sebagai sebuah kota dan dalam perspektif sosiologis ia mempunyai warga masyarakat dan tatanan kehidupan Adat Basandi Syara-Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Sebuah kota yang indah dan kaya akan segala sumber dayanya, tempat lahirnya para ulama, ekonom, budayawan, birokrat dan politisi, pada semua level lokal, nasional dan intemasional.

"Sebuah apresiasi besar pada pemerintah Kota Bukittinggi ini dengan sebuah gerakan Tabungan Usman, untuk menggerakkan usaha produktif bagi masyarakat dalam menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)."

"Sebuah terma dan slogan yang dipilih adalah Tabungan Usman, tentu mempunyai dasar agamis dan filosofis yang kyat dan inspiratif dari nama salah seorang sahabat Nabi SAW, dengan maksud mengedepankan kemaslahatan dan memusnahkan praktek dan tradisi ribawi."

"Semoga tabungan Utsman dapa dipertahankan dan jadi inspirasi serta penyemangat kita. Selain itu, juga ada program rumah tahfiz yang sangat luar biasa," ujarnya.

Setelah shalat Id, Wali Kota Bukittinggi mengadakan open house bagi masyarakat Bukittinggi. (*)

Halaman:
1 2 3

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: