Sehari Jelang Lebaran 2024, Gubernur Sumbar Tinjau Bencana di 4 Kabupaten/Kota

Rabu, 10 April 2024, 09:16 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Sehari Jelang Lebaran 2024, Gubernur Sumbar Tinjau Bencana di 4 Kabupaten/Kota
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Sony Budaya Putra (Pj Wako Padang Panjang) meninjau jembatan penghubung di Tanjung, Kelurahan Ganting menuju RSUD Kota Padang Panjang, Selasa. (humas)

Hal ini juga berkaitan dengan aktivitas erupsi Gunung Marapi yang masih terus terjadi, dan sempat menyebabkan banjir lahar dingin di sejumlah daerah.

Didampingi Bupati Tanah Datar, Eka Putra beserta jajaran, Mahyeldi mengkoordinasikan langkah-langkah penanganan pascabencana yang perlu diambil segera, terutama sekali dalam menyikapi banyaknya lahan pertanian dan fasilitas umum yang rusak akibat banjir lahar dingin serta longsor yang terjadi.

"Sampai saat ini, curah hujan masih cukup tinggi dan erupsi Marapi belum berhenti. Kita menyadari bahwa momentum lebaran semestinya bisa dinikmati dengan senyaman mungkin," terang dia.

Baca juga: 2 Km Badan Jalan Nasional di Jalur Lintas Sumatera Lembah Anai Amblas

"Akan tetapi, mengingat berbagai kondisi yang terjadi saat ini, kita berharap agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan," ucap Mahyeldi.

Pemprov Sumbar, sambung dia, bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan jajaran Forkopimda, telah membentuk ratusan posko pengamanan terpadu, merespons berbagai kemungkinan kebencanaan yang dapat terjadi. Oleh karena itu, dukungan masyarakat dalam bentuk kewaspadaan sangat diperlukan.

"Kita terus berkoordinasi dan memantau perkembangan di lapangan. Semoga keadaan ke depan semakin membaik sehingga suasana Lebaran kita dapat lebih nyaman, terutama sekali bagi masyarakat kita yang bermukim di daerah rawan," tutup Mahyeldi.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Erasukma Munaf; Kepala Dinkes Sumbar, Lila Yanwar; Kepala Dishub Sumbar, Dedy Diantolani.

Kemudian, Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim; serta unsur Forkopimda dan pemerintah kabupaten/kota. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: