Rakor Kesiapan Pemilu 2024 Tingkat Sumbar, Safaruddin: Ini Bukan Pekerjaan Mudah

Selasa, 06 Februari 2024, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
Rakor Kesiapan Pemilu 2024 Tingkat Sumbar, Safaruddin: Ini Bukan Pekerjaan Mudah
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo bersama Audy Joinaldy (Wagub) serta Forkopimda dan kepala daerah lainnya, foto bersama usai Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 di Padang, Senin. (humas)

LIMAPULUH KOTA (5/2/2024) - Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo menilai, pelaksanaan Pemilu serentak 2024 bukanlah pekerjaan mudah.

"Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita, dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. Pemkab Limapuluh Kota siap untuk menyelenggarakan pesta demokrasi 2024 ini," ungkap Safaruddin usai Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 di Padang, Senin.

Rapat ini membahas isu-isu aktual di kabupaten/kota di Sumatera Barat. Turut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi dan Kabupaten/Kota dan penyelenggara pemilu se-Provinsi Sumatera Barat.

Safaruddin menyampaikan, Pemilu 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena penyelenggaraan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam satu kesempatan yang sama.

Baca juga: Ini Komposisi Kursi DPRD Simalangun Hasil Pemilu 2024, Partai Golkar jadi Pemenang

Pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten kota digelar secara serentak. Kemudian, dilanjutkan dengan pemilihan gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati dan wali kota dan wakil wali kota, di akhir tahun 2024.

Menurut dia, berdasarakan pengalaman dalam penyelenggaraan pemilu sebelumnya, Limapuluh Kota merupakan salah satu daerah yang memiliki persentase pemilih cukup tinggi pada penyelenggaraan Pemilu 2019 dengan angka 81,85% dibandingkan persentasi Provinsi Sumbar di angka 75,64%.

"Kami optimistis, Koordinasi antara Pemkab Limapuluh Kota dengan TNI, Polri, Kejaksaan, dan penyelenggara Pemilu berjalan baik akan memperlancar pelaksanaan Pemilu di 1.261 TPS yang tersebar di 13 Kecamatan se-Limapuluh Kota," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy dalam sambutannya menyampaikan, suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024 tidak hanya jadi tanggung jawab dari penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

Baca juga: MK Nihilkan Hasil Pemilu 2024 Khusus Calon DPD Dapil Sumbar, Perintahkan PSU dalam 45 Hari

"Saya mengajak, seluruh elemen termasuk Pemerintah Kabupaten/Kota bekerjasama untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan menjaga kondusifitas menjelang pesta akbar Demokrasi," ajak Audy. (*)

IKLAN PANTARLIH

Penulis: Fanny Komala Sari
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: