IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang

Senin, 05 Februari 2024, 23:25 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Harneli (Ketua TP PKK Sumbar) foto bersama dengan sejumlah anak di gubernuran Sumbar. (humas)

"Banyak program dapat disinergikan PKK dengan Pemerintah Daerah, mulai dari provinsi hingga kabupaten/kota," terangnya.

Apalagi secara diseminasi, sambungnya, kader PKK tersebar luas di setiap daerah, bahkan hingga di tingkat nagari.

"Secara kerja, banyak program yang kita sinergikan dengan pemerintah daerah untuk pemberdayaan keluarga. Terbaru, hal yang kita sinergikan adalah mendorong pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam bahan makanan sebagainupaya pemenuhan gizi," jelas Harneli.

Baca juga: Yennita Sarankan PKK Kecamatan Miliki Nagari Binaan, Ini Tujuannya

Kolaborasi

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumbar, Herlin Sridiani juga mengakui peran TP PKK Sumbar dalam menciptakan ketahanan keluarga yang berkualitas cukup signifikan.

"Selain dengan BKKBN, kita juga menjalin kemitraan strategis dengan TP PKK Sumbar. Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan," ungkap Herlin.

Kedepan, DP3AP2KB juga berencana akan mengandeng TP PKK untuk menekan angka kekerasan dalam rumah tangga dengan mengedepankan upaya pencegahan, sekaligus pemetaan terhadap kaum beresiko terhadap tindakan kekerasan.

Diakuinya, dengan melibatkan PKK, sejumlah indokator pelayanan DP3AP2KB Sumbar mampu mencapai hasil yang maksimal.

Seperti meningkatnya Kualitas Pengarusutamaan Gender (PUG), Persentase Pemberdayaan Perempuan meningkat dari tahun sebelumnya.

Kemudian, sumbangsih perempuan dalam ekonomi keluarga juga meningkat dan teranyar Provinsi Sumbar mendapat penghargaan tingkat nasional sebagai Provinsi Layak Anak Tahun 2023. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: