IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang

Senin, 05 Februari 2024, 23:25 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
IBangga Sumbar Capai Angka 60,99 Persen, Masuk Kategori Sedang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Harneli (Ketua TP PKK Sumbar) foto bersama dengan sejumlah anak di gubernuran Sumbar. (humas)

PADANG (5/2/2023) -Indeks Pembangunan Ketahanan Keluarga (IBangga) Sumbar tahun Tahun 2023 sebesar 60,99 persen. Tahun 2022, IBangga Sumbar beada di angka 53,54 persen.

"Capaian ini mengartikan, Sumbar cukup berhasil dalam membangun kualitas keluarga masyarakat," ungkap Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Senin.

Menurut dia, peningkatan persentase IBangga itu jadi bukti atas program dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan ketahanan keluarga, telah berjalan efesien dan efektif.

Dijelaskannya, IBangga telah digunakan secara nasional untuk mengklasifikasi status perkembangan pembangunan keluarga di setiap daerah kedalam tiga kategori yakni Tangguh, Berkembang dan Rentan.

Baca juga: Yennita Sarankan PKK Kecamatan Miliki Nagari Binaan, Ini Tujuannya

Dengan capaian IBangga 60,99 persen pada Tahun 2023, menjadikan Sumbar sebagai salah satu daerah di Indonesia berstatus berkembang dalam hal pembangunan keluarga atau berada dalam kategori sedang.

Tidak dipungkiri, semua keberhasilan tersebut berkat adanya dukungan dari seluruh pihak, seperti BKKBN dan PKK.

"Syukurnya, dalam upaya pembangunan kualitas keluarga ini, Pemprov tidak berjalan sendiri. Kita mendapat dukungan signifikan dari PKK, BKKBN dan pihak terkait lainnya," ungkap Mahyeldi.

Sementara, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumbar, Harneli mengaku, dukungan penuh dari organisasi yang dipimpinnya itu karena apa yang diperjuangkan sesuai dengan program TP PKK Sumbar.

Baca juga: Ketua TP-PKK Agam Minta ASN Bidang Medis jadi Teladan dalam Jaga Kesehatan

Yakni, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimulai dari unit terkecil, yakni keluarga.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: