Nah Loh, PNS Bukan Lagi Pekerjaan Idaman Mertua? Ternyata Ini Profesi Paling Dicari

Sabtu, 27 Januari 2024, 21:54 WIB | Gaya Hidup | Nasional
Nah Loh, PNS Bukan Lagi Pekerjaan Idaman Mertua? Ternyata Ini Profesi Paling Dicari
Ilustrasi PNS.

"Sejatinya survei ini kita hanya melakukan hipotesa awal di mana terjadi pergeseran paradigma dari pemula itu cenderung kooperatif untuk golongan terdahulu dan sekarang anak muda lebih memilih untuk menghidupkan mereka di masa depan," kata Manager Riset Kolaborasi.com, Sahli Hamzah.

Sementara itu, Asisten Riset Kolaborasi.com, Deri menyebutkan, alasan banyak anak muda bergeser menjadi pengusaha dan investor dibandingkan PNS.

"Karena di zaman moderen ini banyak sekali anak-anak muda yang terpengaruh dari media sosial untuk buka usaha dan mereka mendapatkan influence dari jagat maya," katanya.

Baca juga: Tinggal di Pedesaan Raup Penghasilan Rp300 Ribu/Hari, Cobain Peluang Usaha Ini

Menurut Deri, hal itu lah yang mengubah pikiran anak muda zaman sekarang bahwa menjadi pengusaha adalah sesuatu pekerjaan yang mereka lakukan dengan senang hati.

"Jadi anak muda sekarang cenderung melakukan pekerjaan yang mereka sukai dan tidak terbebani dengan profesi yang mereka pilih," katanya.

Ternyata peran eksternal bisa menggeser kan paradigma anak muda. Tetapi alasan internal juga ada nih, salah satunya alasan yang fleksibel.

Menurut salah seorang PNS, Anisa, anak muda sekarang tidak suka terikat. Karena mereka banyak yang memilih menjadi pengusaha dan punya bisnis sendiri.

"Mungkin karena punya usaha sendiri lebih fleksibel, gak di bawah tekanan. Jadi lebih enak saja jadi pengusaha, begitu kalau menurut anak muda sekarang, mungkin," katanya.

Anisa mengakui, bahwa menjadi PNS pekerjaan yang menonton. Target kerja juga tidak terlalu banyak dan pastinya enak menjadi pegawai karena pressure minim.

"Aku pun kalau bisa memilih jadi PNS untuk sekarang ini, mungkin tidak pilih jadi PNS. Tapi untuk yang berkeluarga menjadi PNS itu harus karena punya penghasilan jelas, kerjaan juga tidak terlalu banyak bisa work from home," katanya.

Halaman:

Penulis: Rumpun4
Editor: Rumpun1
Sumber: YouTube Kumparan

Bagikan: