Tinggi Pintu Pelimpah Waduk PLTA Koto Panjang Diturunkan, Ini Kata Bupati Kampar

Selasa, 23 Januari 2024, 19:30 WIB | News | Provinsi Riau
Tinggi Pintu Pelimpah Waduk PLTA Koto Panjang Diturunkan, Ini Kata Bupati Kampar
Ilustrasi.

KAMPAR (23/1/2024) - Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar mengungkapkan, akan menurunkan elevasi waduk dibanding hari sebelumnya.

"Kita akan menurunkan tinggi bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate) pada Selasa, pukul 13.00 WIB," ungkap Cecep, Selasa.

Dikatakan, pembukaan pintu pelimpah waduk (spillway gate) masih diposisi 5x70 cm. Hari ini akan dilakukan penurunan bukaan pintu pelimpah waduk 5x40 cm (total bukaan pintu pelimpah 5x30 cm).

"Sebelumnya, bukaan pintu pelimpah air waduk PLTA Koto Panjang di posisi 5x70 cm, selanjutnya akan ditambah bukaan pintu pelimpah sebesar 5x40 cm," katanya.

Baca juga: Simalakama Pintu Air Bendungan Koto Panjang; Ditutup, Pangkalan Banjir, Dibuka, Kampar yang Terendam

Dikatakan Cecep, penurunan tinggi bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan, sehubungan dengan turunnya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

Dengan kondisi itu, waduk PLTA Koto Panjang berada pada elevasi 83.28 mdpll dengan outflow turbine: 318.51 m3/s, outflow spillway 5x70 cm: 521.80 m3/s dan total outflow: 840.31 m3/s, inflow waduk: 605.04 m3/s.

Tetap Waspada

Sementara itu, Pj Bupati Kampar, Hambali saat dikonfirmasi mengingatkan masyarakat, agar tetap hati-hati dan waspada. Karena, hujan masih berpotensi terjadi di kawasan sekitar waduk PLTA Koto Panjang.

Baca juga: Antisipasi Banjir Pangkalan, Gubernur Sumbar Minta Tatakelola Waduk PLTA Koto Panjang Diperbaharui

"Kami terus mengimbau masyarakat untuk selalu berhati hati dan waspada karena cuaca masih berpotensi hujan," ujar Hambali. (*)

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: