Hansastri: KPID harus Awasi Lembaga Penyiaran tetap Patuh dengan Aturan

Rabu, 06 Desember 2023, 12:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Hansastri: KPID harus Awasi Lembaga Penyiaran tetap Patuh dengan Aturan
Sekdaprov Sumbar, Hansastri saat jadi pembicara pada kegiatan sosialisasi dan Deklarasi Penyiaran yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar di Padang, Selasa. (humas)

Ia pun menegaskan, kesuksesan Pemilu 2024 menjadi tanggung jawab bersama, termasuk pemerintah, penyelenggara, KPID, lembaga penyiaran, serta masyarakat secara umum.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir memberikan materi, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Sumbar, Siti Aisyah; Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPI Sumbar, Hamdan.

Kemudian, Pakar Kepemiluan Universitas Andalas, Khairul Fahmi; Ketua Badan Pengawas Pemilu Sumbar, serta peserta Sosialisasi dan Deklarasi KPID Sumbar.

Baca juga: DPRD PESSEL 2024: PKB Ketua, PAN Wakil, Demokrat Tersingkir

Dalam paparannya, Ketua KPID Sumbar, Robert Cenedy menyatakan, lembaga penyiaran memang sangat efektif dan strategis bagi penyelenggara Pemilu, untuk menyosialisasikan dan memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, sehingga meningkat kuantitas dan kualitas penyelenggaraan pemilu.

"KPID hadir dalam rangka mengawasi dan mengawal segenap aktivitas penyiaran yang dilakukan lembaga penyiaran televisi dan radio serta bagaimana agar ketaatan dan kepatuhan tehadap regulasi yang disiapkan KPI dapat terlaksana dengan baik," kata Robert.

Ia menyebutkan, pihaknya akan terus mendorong lembaga penyiaran jadi salah satu instrumen untuk memperkuat demokrasi, dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam penyelenggaraan Pemilu.

"Kita juga berharap, agar lembaga penyiaran bisa netral dan independen, dan tidak berpihak pada salah satu peserta pemilu, sesuai dengan amanat Pasal 11 dalam P3SPS, bahwa lembaga penyiaran atau program siaran wajib memberikan perlindungan dan kepentingan pada kalayak publik," ucapnya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: