Tingkatkan Produksi Padi, Petani Nagari Sungayang Tanah Datar Lakukan Ini

Selasa, 24 Oktober 2023, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Tingkatkan Produksi Padi, Petani Nagari Sungayang Tanah Datar Lakukan Ini
Petani Nagari Sungayang melakukan upaya pengendalian hama Tikus yang diharapkan dapat meningkatkan produksi padi. (irfan taufik)

TANAH DATAR (24/10/2023) - Ratusan petani Nagari Sungayang, Kecamatan Sungayang, lakukan pengendalian serangan hama tikus dalam upaya meningkatkan produksi padi.

Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Topi Lawik Jorong Taratak Indah, Nagari Sungayang ini bersama-sama Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar berupaya melakukan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus.

"Hingga saat ini, masalah hama tikus membuat banyak petani mengeluh karena hasil panen menurun dari biasanya," kata Ketua Keltan Topi Lawik Yulius di Sungayang, Selasa.

Ia berharap dengan adanya upaya pengendalian hama Tikus ini sehingga tanaman padi milik petani dapat terlindungi dan tidak membuat pendapatan petani menurun.

Baca juga: Mahyeldi Bantu 5 Ribu Bibit Ikan Nila dan Tawas untuk Pokmaswas Perikanan Sungayang

Wali Nagari Sungayang Nofri Edison menyampaikan kegiatan pengendalian hama Tikus ini diusulkan ke Dinas Pertanian Tanah Datar karena serangan hama sudah semakin parah membuat lahan dan tanaman pertanian menjadi rusak dan terancam gagal panen.

"Semoga melalui kegiatan ini mampu memutus mata rantai serangan hama Tikus sehingga ke depan petani kembali akan memperoleh hasil panen yang baik dan meningkat," kata Nofri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani mengatakan dari total 22.170 hektare luas sawah di Kabupaten Tanah Datar, yang terancam hama tikus sekitar 500 hektare, sedangkan yang terserang seluas 44,5 hektare.

Makanya, kami berupaya melalukan gerakan pengendalian (Gerdal) hama tikus ini, tutur Sri.

Baca juga: Bupati Tanah Datar Minta Pelajar SMAN 1 Sungayang Tak Jadi Siswa Biasa

Ia menyebut kegiatan Gerdal ini bertujuan agar populasi tikus dapat dikendalikan sehingga tanaman padi milik petani dapat terlindungi.

Halaman:

Penulis: Irfan Taufik
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: