Satgas Bersinar Sumut Dikukuhkan, Gubernur: Libatkan Semua Ekosistem Sekolah termasuk Penjaga Kantin

Sabtu, 21 Oktober 2023, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Satgas Bersinar Sumut Dikukuhkan, Gubernur: Libatkan Semua Ekosistem Sekolah termasuk...
Ribuan siswa SMA/SMK, memadati aula hingga selasar gedung kampus Wilmar Bisnis Indonesia, pada Sosialisasi dan Pengukuhan Satgar Bersinar Sumut, di Deliserdang, Jumat. (humas)

"Bahkan, saya minta untuk petugas kantin ikut serta. Karena petugas kantin ini biasanya lebih mengetahui tindak tanduk anak sekolah, daripada guru," sebutnya.

Sebagai bentuk keseriusan, dia meminta agar kinerja Satgas di lapangan dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap upaya pemberantasan dan pencegahan narkoba bagi generasi muda.

Bahkan akan ada atensi bagi siapa yang berhasil menjadikan sekolah, bersih dari narkoba.

Baca juga: Pengedar Sabu di Luhak Nan Duo Diringkus

"Tetapi ingat, atensi dan penghargaan bukanlah sasaran utama kita. Itu hanya sebagai penyemangat saja."

"Ini juga bukan hanya berlaku kepada siswa, tetapi semuanya, baik guru, kepala sekolah, kepala UPT, kepala dinas, bahkan saya sendiri dan keluarga," tegasnya.

Upaya ini, menurut Hassanudin, perlu dukungan semua pihak. Sebab sebelumnya juga sudah banyak gerakan di masyarakat yang prihatin dan peduli dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkoba di Sumut.

"Saya mengajak masyarakat, bagi yang sudah tahu (pernah menggunakan narkoba), jangan lagi. Bagi yang baru kenal, segera tinggalkan. Bagi yang belum kenal, jangan pernah dekati."

"Kepada para guru, sampaikan pesan, Katakan Tidak Pada Narkoba, setiap hari di kelas. Terus ingatkan siswa unutk menjauhinya. Sebab, kita tidak mampu mengawasi 24 jam. Pun diawasi, tetap saja sulit. Kuncinya adalah kewaspadaan dan pencegahan sejak dini," tegasnya.

Sementara, Asren Nasution yang juga Ketua Satgas Sekolah Bersinar Sumut mengatakan, dengan adanya Satgas dan penilaian bagi sekolah, tugas lembaga pendidikan bukan hanya mendidik siswa soal keilmuan dan etika saja, tetapi juga memastikan seluruh peserta didik bebas dari penggunaan narkoba.

"Jadi, kita ada tambahan beban satu lagi, bagaimana agar sekolah bersih dari narkoba. Jika sekolahnya bersih, maka mereka memenangkan peperangan melawan narkoba."

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: