Satgas Bersinar Sumut Dikukuhkan, Gubernur: Libatkan Semua Ekosistem Sekolah termasuk Penjaga Kantin

Sabtu, 21 Oktober 2023, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatra Utara
Satgas Bersinar Sumut Dikukuhkan, Gubernur: Libatkan Semua Ekosistem Sekolah termasuk...
Ribuan siswa SMA/SMK, memadati aula hingga selasar gedung kampus Wilmar Bisnis Indonesia, pada Sosialisasi dan Pengukuhan Satgar Bersinar Sumut, di Deliserdang, Jumat. (humas)

DELISERDANG (20/10/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin mengatakan, Satgas Sekolah Bersinar adalah para kader yang bertugas dalam rangka menciptakan dan mewujudkan sekolah bersih dari Narkoba.

Sebagaimana langkah Pemerintah Provinsi (Pemprov), terutama di sektor pendidikan, adalah berupaya mencegah sejak dini peredaran narkoba, dari diri sendiri, lingkungan sekolah, termasuk keluarga dan lainnya.

"Langkah ini kita ambil, karena berdasarkan data yang saya sampaikan, secara nasional bahwa kita di Sumatera Utara adalah yang terbanyak angka kasus narkoba, yakni 1,5 Juta dari sekitar 3,5 Juta di Indonesia. Boleh dikatakan, hampir 10% penduduk kita terpapar narkoba," sebut Hassanudin di Deliserdang, Jumat.

Hal itu dikatakannya, saat mengukuhkan para Satuan Tugas (Satgas) Sekolah Bersih Narkoba (Bersinar) Provinsi Sumut pada Sosialisasi dan Pengukuhan Satgar Bersinar Sumut, di aula Kampus Polyteknik Wilmar Bisnis Indonesia, Deliserdang.

Baca juga: Narapidana Lapas Muaro Padang Gunakan Jasa Bintara Polri Bawa 141 Paket Ganja

Langkah ini, sebagai wujud keseriusan pemerintah dalam upaya mendukung pemberantasan peredaran narkoba, khususnya di kalangan generasi muda. Pencegahan sejak dini ini, jadi poin penting bagi seluruh lembaga pendidikan.

Hadir di antaranya Kepala Dinas Pendidikan, Sumut Asren Nasution, Kepala Badang Kesbangpol Sumut Ardan Noor serta para pejabat Dinas Pendidikan, Kepala UPT, Kepala Sekolah, Guru, dan ribuan siswa SMA/SMK se-Sumut.

Sebagai langkah pencegahan dini bagi generasi muda, terang dia, Pemprov Sumut berupaya melakukan pencegahan dari lingkungan sekolah.

Sebab dari sana, akan didapati sejauh mana dunia pendidikan menjadikan langkah pencegahan peredaran narkoba sebagai program utama.

Baca juga: Sosper No 9 Tahun 2018, Ermaneli Jelaskan Pintu Masuk Peredaran Narkoba di Sumbar

"Jadi, semuanya kita mulai dari Kepala Dinas Pendidikan, kemudian para pejabat, kepala UPT, kepala sekolah, guru dan wali kelas."

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: