FORMASI GURU PPPK, Rusma Yul Anwar: Peluang Lulus hanya Untuk yang Terdata di Dapodik

Selasa, 26 September 2023, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
FORMASI GURU PPPK, Rusma Yul Anwar: Peluang Lulus hanya Untuk yang Terdata di Dapodik
Rusma Yul Anwar dalam audiensi bersama Ormas Islam, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat dengan Pemkab Pessel, terkait formasi asn pppk guru tahun 2023 di ruang rapat kantor Bupati, di Painan, Selasa (26/09/2023). Foto: tusrisep

Pemkab Pessel, dihadiri BKPSDM , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan BPKPAD.

"Jadi, digelaran tersebut, berapa kuota yang diperoleh diputuskan, dan ditandatangi," ucap Salim Muhaimin.

Di sana, lanjut dia, juga dijelaskan kalau PPPK yang masuk formasi, berdasarkan data base dapodik di daerah masing-masing.

Dapodik adalah Data Pokok Pendidikan, atau sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional.

Ini merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional, dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

"Dan, kalau tidak terdaftar di dapodik, berarti tidak ada peluang untuk mendaftar. Karena data base sudah tercantum," ujar Salim Muhaimin.

Terkait formasi yang 2 orang tadi (guru non muslim), berhubungan dengan paket yang berasal dari rapat di Batam.

"Karena konsentrasi kita untuk memenuhi guru asn pppk, maka mau tidak mau kita, ambil paket besar 1228 tadi. Dengan konsekuensi wajib ada 2 orang guru non muslim di dalamnya," ujarnya.

Ini, papar Salim Muhaimin, memang tidak mungkin dihindari, karena semuanya sudah by sistem aplikasi di dirjen guru dan tenaga kependidikan kemendikbud.

"Kita (Pessel) ada data siswa non muslim, dan masuk dalam aplikasi," ujarnya.

Dari konsultasi kami dengan Bupati, pemenuhan formasi yang dua tadi, dimasukkan ke kualifikasi guru ABK (anak berkebutuhan khusus).

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: