FORMASI GURU PPPK, Rusma Yul Anwar: Peluang Lulus hanya Untuk yang Terdata di Dapodik

Selasa, 26 September 2023, 20:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
FORMASI GURU PPPK, Rusma Yul Anwar: Peluang Lulus hanya Untuk yang Terdata di Dapodik
Rusma Yul Anwar dalam audiensi bersama Ormas Islam, Tokoh Adat, dan Tokoh Masyarakat dengan Pemkab Pessel, terkait formasi asn pppk guru tahun 2023 di ruang rapat kantor Bupati, di Painan, Selasa (26/09/2023). Foto: tusrisep

"Namun yang pasti, guru ASN PPPK yang diterima, adalah mereka (tenaga honorer) yang ada di Pessel," tegas Rusma Yul Anwar.

Formasi Lanjutan

Kepala BKPSDM Pessel, Taslim, menambahkan, paket formasi 1.228 orang PPPK Guru tahun 2023, merupakan lanjutan dari tahun lalu (1.269 orang).

"Awalnya berat juga, saat ada syarat perubahan paket kuota 150 orang ke kuota 1.228 orang, apalagi ada syarat wajib masuk formasi kuota guru non muslim (demi keberagaman dan ada data siswa non muslim juga di Pessel)," ujarnya.

Namun, tambah Taslim, dikarenakan Pessel masih memiliki honorer kisaran 4.000-an, dan syarat untuk PPPK adalah masuk data dapodik.

"Jadi, kita ambillah paket 1.228 tersebut, dikarenakan hanya untuk mencukupi syarat saja," ujar Taslim.

Apalagi, dalam pendaftaran itu ada syarat lagi : P1, P2, P3, dan P4, dengan syarat honor minimal di Pessel selama 2 tahun, terang Taslim.

Rapat Regional Sumatera

Kadis Pendidikan dan Budaya Pessel, Salim Muhaimin menambah terangkan, kalau perihal lobby formasi kuota 150 orang menjadi kuota 1.228 orang, bermula dari Rapat bersama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Dikbud & Riset di Batam pada 6-9 Juni 2023.

Rapat tersebut menyoal usulan formasi ASN PPPK Guru di Regional Sumatera.

Mulai dari perwakilan Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung ikut hadir digelaran tersebut.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: