Narkoba telah jadi Perang Asimetris, Kyai Khambali: Ketahanan Nasional Terancam

Kamis, 14 September 2023, 09:00 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
Narkoba telah jadi Perang Asimetris, Kyai Khambali: Ketahanan Nasional Terancam
Pengasuh Majelis Sholawat Ahlul Kirom, Kyai Akhmad Khambali

Ditambahkan Kyai Khambali yang juga penggagas InsanPreneur, bagi individu, pembentukan ketakwaan individu khususnya bagi kalangan generasi muda muslim dapat diawali dengan pembentukan kepribadian Islam, yaitu sinergi antara pola pikir dan pola sikap seorang muslim yang dilandasi oleh akidah dan nilai-nilai keislaman.

Pola sikap yang islami ini, dapat dibentuk dengan peningkatan ibadah dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk penerapan nilai-nilai Islam.

Namun, ketakwaan indvidu yang melahirkan kepribadian Islam juga sebaiknya ditopang oleh pengawasan masyarakat.

"Pengawasan dan partisipasi dari masyarakat ini merupakan bagian dari aktivitas amar ma'ruf nahi mungkar," terang dia.

"Harus ada peran keluarga dan masyarakat dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, kuanfusakum wa ahlikum naaro (jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka)," tambahnya.

Dalam kasus narkoba, lanjut Kyai Khambali, para tokoh lintas agama lebih bersifat pencegahan yaitu dengan memberikan penyuluhan/edukasi dalam perspektif agama serta menyediakan lembaga pendidikan berupa madrasah dan pondok pesantren untuk memberikan bekal agar umat tidak tergoda untuk mencoba dan menggunakan barang terlarang tersebut.

"Sekolahkan anak di madrasah atau pondok pesantren, Insya Allah jauh dari narkoba," imbuh Kyai Khambali.

Terkait dengan orang yang sudah terlanjur menggunakan narkoba, Kyai Khambali berharap, agar keluarga tidak meninggalkan mereka. Karena, yang dibutuhkan dalam rehabilitasi adalah dukungan dan motivasi keluarga.

"Jangan sampai para pengguna malah ditinggalkan, mereka butuh dukungan dan motivasi," pinta Kyai Khambali yang juga motivator.

"Mari kita bahu membahu seluruh multi stakeholder di Sumatera Utara, agar kita dukung Bapak Irjen Pol Agung Setya selaku Kapolda Sumatera dalam memberantas dan memerangi Narkoba di Wilayah Sumut," harap dia.

"Jangan pernah rela, Kapolda bekerja sendirian. Kita bantu dengan tindakan nyata antara pikiran dan hati serta dzikir, agar Narkoba bisa terkikis dari Tanah Deli," ucap Kyai Khambali. (*)

Halaman:
1 2 3

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: