Pansus Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah DPR Riau Konsultasi ke Kemendagri dan DPRD Jabar

Selasa, 12 September 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Pansus Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah DPR Riau Konsultasi ke Kemendagri dan DPRD...
Ketua Pansus Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah DPRD Riau, Karmila Sari.pimpin dialog dengan Kasubdit Pendapatan Daerah Wilayah I Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Budi Ernawan di Gedung H Kemendagri RI, Jakarta, Selasa. (huams)

JAKARTA (8/9/2023) -- Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan DPRD Jabar, jadi tujuan kunjungan kerja Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Provinsi Riau.

Saat kunjungan ke Dirjen Bina Keuangan Daerah, Selasa (5/9/2023), diterima Kasubdit Pendapatan Daerah Wilayah I Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Budi Ernawan di Gedung H Kemendagri RI.

"Kami kesini hadir, untuk mengonsultasikan agar lebih jelas. Karena, ditargetkan Pansus ini selesai pada (11/9/2023)," ungkap Ketua Pansus Ranperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Provinsi Riau Karmila Sari.

"Ini serangkaian juga dengan provinsi dan kabupaten/kota lainnya. Kita berharap dengan tumpukan nanti yang sudah muncul, jangan sampai memperlambat harmonisasi ataupun verifikasi lainnya," tambbah Karmila Sari saat membuka rapat.

Baca juga: PPDB Online Tahun 2024, Komisi V DPRD Riau: Jangan Sampai Label 'Sekolah Plus' Sebatas Nama

Karmila Sari berharap, jangan sampai ketika Perda sudah clear dan dipercepat selesai, tetapi jangka panjangnya bisa memberatkan masyarakat ataupun tidak sesuai dengan yang diharapkan.

"Bagaimana solusinya menyikapi agar sekali kerja seperti ini, namun terus menerus bisa kita aplikasikan," tanya Karmila.

Sementara, di DPRD Jabar, rombongan diterima pimpinan Pansus DPRD Jawa Barat, Rafael Situmorang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Jawa Barat, Dedi Mulyadi beserta jajaran, Jumat (8/9/2023).

Pimpinan Pansus DPRD Provinsi Jawa Barat, Rafael Situmorang menyambut baik kedatangan Pansus dari DPRD Provinsi Riau terkait penyusunan draf Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Baca juga: Pansus LKPj Riau 2023 Kupas Capaian Sektor Kesehatan dan Pendidikan

Karena di Provinsi Jawa Barat sendiri, Ranperda ini juga masih dalam tahap penyusunan.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: