KBRI Kuala Lumpur Serahkan 4 Pekerja Migran Indonesia ke Pemkab Pasbar, Tersisa 13 Orang Lagi

Sabtu, 09 September 2023, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
KBRI Kuala Lumpur Serahkan 4 Pekerja Migran Indonesia ke Pemkab Pasbar, Tersisa 13 Orang...
Wakil Ketua DPRD, Endra Yama Putra saat serah terima empat orang PMI di rumah dinas bupati, Jumat (8/9/2023) malam. (humas)

"Dari 17 orang itu, dipulangkan 4 orang. Tersisa 13 orang lagi. Secepatnya bisa kembali pulang. Kepada keluarga yang menunggu dan menjemput hari ini, jadikan ini pelajaran dan sampaikan bahwa kejadian seperti jangan diulangi lagi," imbaunya.

Sementara itu, Fungsional Pengantar Kerja Disnaker Pasbar, Indah Winarni mengatakan, PMI yang datang pergi keluar negeri melanggar prosedur. Keempat orang ini adalah tindak perdagangan orang.

Ia meminta kepada PMI, bahwa cara-cara yang dilakukan menjadi tenaga kerja ke luar negeri harus mengikuti prosedur. Jika tidak, bukan hanya merugikan diri sendiri namun juga merugikan negara.

Baca juga: SJS Plaza Layani Kegiatan Donor Darah Malam Hari Selama Ramadhan 1445 H, Ini Kata Gubernur Sumbar

"Pekerja Migran Indonesia sebenarnya bukan saja pahlawan devisa, tetapi lebih dari itu adalah orang-orang yang diharapkan nantinya melakukan transfer pengetahuan, transfer ilmu dan transfer pengalaman untuk kemajuan," terangnya.

"Karena, para pekerja migran pasti mendapat pengalaman baru dalam menggunakan teknologi maupun budaya kerja di negara lain, apalagi bekerja dinegara-negara yang lebih maju," tukas dia.

Dikatakan, kasus ini muncul pada Maret 2023 yang berawal dari saudara Wahyu, diminta untuk dipulangkan dan ditambah laporan dari Thamrin, mewakili korban bernama Serli Dara Fatma dari Sasak Ranah Pasisie.

"Ini tindak lanjut dari kerjasama Pemda Pasbar dengan BP3MI. Jumlah korban sebanyak 17 orang dan yang berhasil dipulangkan baru 4 orang. Berarti ada 13 orang lagi yang berada di shelter KBRI Kuala Lumpur."

"Pemkab Pasbar melalui Dinas Tenaga Kerja akan mengawal hingga semua korban tersebut dapat dikembalikan ke Pasaman Barat dengan selamat," katanya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: