Terpantau 609 Titik Panas di Pulau Sumatera Senin Ini, BMKG: Sumsel Terbanyak, Di Sumbar 19 Titik, Riau 10 Titik

Senin, 04 September 2023, 14:53 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
Terpantau 609 Titik Panas di Pulau Sumatera Senin Ini, BMKG: Sumsel Terbanyak, Di Sumbar...
Inforafis.

PEKANBARU (4/9/2023) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat, 609 titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera pada Senin ini.

"Jumla titik panas ini sehari sebelumnya 717 titik. Meskipun terjadi penurunan, jumlah ini masih termasuk tinggi dan memerlukan perhatian serius," kata prakirawan BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna, Senin.

Dalam data ini, terang dia, Sumatera Selatan (Sumsel) jadi wilayah dengan jumlah titik panas terbanyak, sebanyak 343 titik panas.

Selain itu, ada beberapa provinsi lainnya yang juga masih rentan dan perlu waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) karena muncul hotspot di wilayahnya.

Baca juga: Pelaku Karhutla Seluas 26 Ha di Inhu Diamankan

Yakni Lampung terpantau muncul 81 titik panas, Jambi 69 titik, Bangka Belitung 67 titik, Sumatera Barat 19 titik, Bengkulu 17 titik, Kepulauan Riau 3 titik dan Riau 10 titik.

"Di Riau muncul 10 titik panas yang tersebar di beberapa wilayah, termasuk Kampar 2 titik, serta Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir masing-masing dengan 4 titik panas," jelasnya.

Untuk itu, pemerintah, lembaga terkait dan masyarakat, perlu tetap waspada dan meningkatkan upaya-upaya pencegahan serta penanggulangan Karhutla.

Mengingat, masih ada titik panas yang terpantau di wilayah mereka. (*)

Baca juga: Polisi Tangkap Pembakar Lahan di Inhu, Terancam 10 Tahun Penjara

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: