Hidayat: Perda Pengembangan Ekonomi Kreatif Hadir untuk Dorong UMKM Segera Naik Kelas

Senin, 21 Agustus 2023, 14:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Hidayat: Perda Pengembangan Ekonomi Kreatif Hadir untuk Dorong UMKM Segera Naik Kelas
Anggota DPRD Sumatera Barat, Hidayat sosialisasikan keberadaan Perda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Padang, Sabtu. (humas)

PADANG (19/8/2023) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Hidayat menilai, struktur ekonomi Provinsi Sumatera Barat itu pendukung utamanya adalah sektor UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

"Karena daerah kita minim pabrik, tentunya kita harus terus mendorong pelaku UMKM bisa naik kelas," ujar Hidayat pada Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) No 2 Tahun 2023 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Padang, Sabtu.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi Perda Pengembangan Ekonomi Kreatif ini merupakan langkah penting dalam memberikan pemahaman pada masyarakat mengenai isi dan implikasi dari peraturan daerah yang telah diterbitkan pemerintah daerah.

Dikesempatan itu, Hidayat mengungkapkan alasannya mengambil topik pengembangan ekonomi kreatif. Menurutnya, ini semua berangkat dari hasil pengamatannya terhadap kondisi para pelaku-pelaku usaha khususnya di Kota Padang.

Baca juga: 2662 Guru Honorer Sumbar Dinyatakan Pemerintah Lulus Seleksi PPPK, Ngadu ke Dewan karena Pengangkatan Tak Jelas

Selanjutnya, Hidayat menjelaskan mengenai fungsi Perda terkhusus Perda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Menurutnya, Perda ini jadi tuntunan bagi pemerintah termasuk juga masyarakat.

"Perda menjadi tuntunan baik oleh pemerintah dalam menyalurkan program kegiatan anggaran, termasuk juga bagi masyarakat, di mana hak-hak masyarakat itu bisa mendorong peningkatan ekonomi keluarga melalui Perda," terangnya.

"Itu kenapa Perda jadi penting disamping untuk menciptakan kepastian hukum juga memberikan akses fasilitas pemerintah pada masyarakat," tambah Hidayat

Dengan adanya langkah konkret melalui Perda ini, diharapkan sektor ekonomi kreatif dapat semakin maju dan memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah.

Baca juga: Dibangun Februari 2018, Hingga 2024 Tak Satupun Ruas Tol Tuntas, Ini Kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sumbar

"Pengembangan Ekonomi Kreatif sendiri merupakan upaya strategis untuk mendorong industri-industri yang terkait dengan kreativitas dan budaya seperti seni, desain, musik, film dan teknologi digital," terang Hidayat.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: