DPRD Sumbar Jalin Kerjasama Literasi dengan Perpusnas, Kesepakatan akan Ditandatangani 1 Oktober

Sabtu, 05 Agustus 2023, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Jalin Kerjasama Literasi dengan Perpusnas, Kesepakatan akan Ditandatangani 1...
Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi didampingi Raflis (Sekwan) terima kenang-kenangan berupa buka dari Deputi Pengembang Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Ardin Bondar usai pertemuan konsultasi, Jumat. (humas)

"Lihatlah, Jerman, Jepang, Inggris, Turki pendidikan dan literasi pengetahuan masyarakatnya amat tinggi," kata Ardin mewakili Kepala Perpustakaan Nasional.

"Sementara, kita masih belum berpihak memperhatikan hal-hal tersebut, selain belum maksimal terlihat dari penganggaran yang kecil, sehingga dorongan percepatan kemajuan literasi belum lagi maksimal," tambah Ardin.

Ardin menambahkan, Sumatera Barat dulunya merupakan daerah yang melahirkan banyak tokoh-tokoh nasional. Ada Bung Hatta, Agus Salim, Moh Natsir, Buya Hamka, Sutan Syahrir. Ini menandakan pengembangan literasi telah maju lebih dulu dari daerah lainnya di Indonesia.

"Namun saat ini, ada tantangan tersendiri bagi Sumatera Barat saat ini, karena amat terlihat Sumatera Barat sepi dari tokoh-tokoh nasional."

"Kedatangan Ketua DPRD Sumbar dengan peran fungsi Keuangan, Pengawasan dan Penetapan Peraturan perundang-undangan ke Perpusnas ini, amatlah kami banggakan dan senang. Semoga kerjasama-kerjasama yang dilakukan nantinya, akan memberikan kebaikan dan kemajuan literasi di Sumatera Barat seperti sedia kala," harap dia.

Ardin mengatakan, Perpustakaan Nasional terus memacu pengembangan literasi nasional hingga saat ini. Untuk Sumatera Barat, telah membangun 11 kantor perpustakaan di kabupaten kota di Sumbar.

Berbasis Digital

Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis menyampaikan, saat ini kelembagaan DPRD Sumbar terus mengembangkan berbagai inovasi-inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik.

"Alhamdulilah, beberapa prestasi telah diraih, tentang Pojok Baca Digital, Keterbukaan Informasi Publik secara nasional, pengelolaan media sosial teraktif dilingkup OPD Sumbar," katanya.

Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariat DPRD, Zardi Syahri menambahkan, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi sebagaiman gagasan dan pemikiran Ketua DPRD Sumbar, DPRD Sumbar yang berbasis digital baik dalam pelayanan juga dalam pengelolaan arsip, administrasi, literasi dan lain-lain sebagainya.

"Untuk mendukung semua itu, DPRD Sumbar saat ini telah merekrut 11 tenaga IT yang terus bekerja mengembangkan, website, layanan berbasis android, aplikasi-aplikasi pendukung, dari kesemua itu."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: