DPRD Sumbar Jalin Kerjasama Literasi dengan Perpusnas, Kesepakatan akan Ditandatangani 1 Oktober

Sabtu, 05 Agustus 2023, 13:50 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Jalin Kerjasama Literasi dengan Perpusnas, Kesepakatan akan Ditandatangani 1...
Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi didampingi Raflis (Sekwan) terima kenang-kenangan berupa buka dari Deputi Pengembang Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Ardin Bondar usai pertemuan konsultasi, Jumat. (humas)

JAKARTA (4/8/2023) - Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi rintis kerjasama dengan Perpustakaan Pusat Nasional (Perpusnas) terutama dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi literasi digital (e-library) serta kerjasama hal-hal lain dalam pengembangan literasi generasi muda dan masyarakat.

Sejak dulu, terang Supardi, masyarakat Sumatera Barat amat memahami pentingnya literasi, membaca dan meningkatkan ilmu pengetahuan sebagai langkah mengembangkan kemampuan diri untuk hidup lebih baik.

"Kondisi pandemi covid19, menginspirasi bagaimana kemajuan teknologi mesti dapat dimanfaatkan secara lebih baik sehingga dapat mempercepat, memudahkan dan efesien, termasuk dalam pengembang e library perpustakaan digital," ungkap Supardi saat temui Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Ardin Bondar Jakarta, Jumat.

DPRD sebagai rumah rakyat, terang dia, selain menyampaikan aspirasi juga hendaknya memberikan edukasi pengetahuan melalui pelayanan keperpustakaan di Sekretariat DPRD Sumbar.

Baca juga: Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Butuhkan Keterlibatan Stakeholder

Kunjungan ke Perpusnas ini, ungkap Supardi, juga ingin mengetahui hal-hal apa-apa saja yang dapat dikerjasamakan dengan DPRD Sumbar, dalam rangka keikutsertaannya dalam pengembangan literasi nasional dan meningkatkan minat baca masyarakat terutama ke generasi muda.

"Dalam pertemuan tadi, kami melihat ada banyak program yang dapat dikerjasamakan, namun secara spesifik ada e-library dan kerjasama naskah-naskah kuno Sumatera Barat yang dapat kita usulkan dalam kekayaan intelektual tak benda."

"Kita menyadari literasi amat penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas diri masyarakat Sumatera Barat," katanya.

Literasi Kuat untuk Kemajuan Bangsa

Baca juga: Dosen Unand Terbaik Nasional: Lindayani dan Zaiyardam Penulis Terbaik Perpustakaan Nasional 2014

Sementara, Deputi Pengembang Sumber Daya Perpustakaan, Ardin Bondar mengatakan, setiap negara maju dan pertumbuhan ekonomi yang baik, keilmuan dan literasi membaca masyarakatnya amat baik, sehingga ini juga berdampak besar akan kemajuan negara mereka.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: