660 Guru Honorer Rohul Terima SK P2K, Ini Kata Gubenur Riau

Jumat, 04 Agustus 2023, 08:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Riau
660 Guru Honorer Rohul Terima SK P2K, Ini Kata Gubenur Riau
Gubernur Riau, Syamsuar mendengarkan kisah perjalanan pengabdian Mardia, salah seorang guru SMA di Rohul yang telah mengabdi seama 26 tahun, saat penyerahan SK P3K di SMAN 1 Kepenuhan, Kota Tengah, Rohul, Kamis. (humas)

ROHUL (3/8/2023) - Gubernur Riau, Syamsuar serahkan Surat Keputusan (SK) Pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) fungsional terhadap 660 guru untuk wilayah kerja Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), formasi 2022.

"Seorang di antara 660 tenaga pendidik yang terima SK P3K ini, merupakan guru honorer yang telah mengabdi selama 26 tahun," ungkap Syamsuar saat penyerahan SK di SMAN 1 Kepenuhan, Kota Tengah, Rohul, Kamis.

Menurut Syamsuar, Allah telah menakdirkan bapak/ibu mendapatkan SK ini langsung dari gubernur. "Kemarin, saya menyerahkan SK di Pekanbaru, guru yang paling lama jadi honorer itu sudah 20 tahun. Tapi sekarang di sini, bahkan ada yang sudah 26 tahun," jelasnya.

Pemprov Riau, sebelumnya telah mengusulkan kebutuhan tenaga guru sebanyak 7.297 formasi. Namun, hanya 5.851 peserta yang dinyatakan lulus seleksi PPPK fungsional guru Pemprov Riau tahun 2022. Saat ini hanya tersisa 5.810 orang.

Baca juga: Lulusan SMA/SMK/MA Bisa Daftar CPNS, Apa Saja Formasi yang Dibuka? Simak di Sini

"Saya sangat mengusahakan ini, setiap tahun saya menandatangani SK pensiun, dan yang terbanyak itu adalah guru. Sementara, pengangkatan guru dari Menpan-RB tidak sebanding dengan orang yang pensiun," terangnya.

"Oleh karena itu, kebutuhan PPPK ini tidak bisa dihindari untuk mengatasi kekurangan pengangkatan ASN," imbuhnya.

Mardia adalah satu di antara guru SMA di Rohul, merasa bersyukur bercampur bangga lantaran telah menerima SK PPPK dari Gubernur Riau.

Pria ini mengaku, telah mengabdi menjadi guru honorer sejak tahun 1997. Selama 26 tahun menjadi guru honorer gaji yang ia terima paling besar Rp500 ribu.

Baca juga: Bertahan sebagai Honorer hingga Usia 56 Tahun, Neti Yusni Terima SK PPPK, Dihadiahi Umroh oleh Bupati Agam

"Alhamdulillah, saat ini sudah diterima SK, dan saat ini saya berada disamping Gubernur Riau, seperti mimpi tapi ini adalah kenyataan," tutupnya.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: