Kementrian LHK Tanam Pohon Buah-buahan di Nagari Maninjau, Ini Targetnya

Jumat, 02 Juni 2023, 11:34 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kementrian LHK Tanam Pohon Buah-buahan di Nagari Maninjau, Ini Targetnya
Bupati Agam, Andri Warman didampingi Agus Julianto (Dirjen PHL KLHK) serta jajaran, lakukan penanaman pohon buah-buahan dengan ragam jenis di Rimbo Lestari Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (1/6/2023) -- Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Agus Justianto menuturkan, kegiatan penanaman pohon buah-buahan di Nagari Maninjau, merupakan usaha menjaga kelestarian alam.

"hutan memiliki potensi besar dalam menahan pengikisan ozon, akibat efek gas rumah kaca. Penanaman pohon juga mencegah dampak deforestasi," ungkap Agus Julianto usai penanaman pohon buah-buahan dengan ragam jenis di Rimbo Lestari Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kamis.

Dikatakan, dunia saat ini bicara perubahan iklim. Karenanya, semua pihak harus memerangi emisi rumah kaca. "Hutan di Maninjau sangat potensial untuk itu," katanya.

KLHK berharap, selain untuk pelestarian alam, pohon-pohon tersebut dapat memberikan efek kepada peningkatan ekonomi warga sekitar.

Baca juga: Gafnel Dt Basa Pimpin FKDT Agam, Ini Pesan Bupati

"Kami mendorong kelompok tani di sini mengantongi perizinan berusaha perhutanan, sehingga bisa dimanfaatkan meningkatkan ekonomi," harap dia.

Sementara, Bupati Agam, Andri Warman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi pada Ditjen PHL, yang telah memilih Nagari Maninjau sebagai pusat penanaman pohon.

"Kami bangga dari sekian banyak daerah, jatuh pilihan kepada Agam sebagai pusat penanaman pohon. Kami sangat apresiasi," katanya.

Dia berharap, program pelestarian alam tersebut juga berdampak terhadap pelestarian Danau Maninjau. Pihaknya berharap, Ditjen PHL juga memberikan dukungan pada program Revitaliasi Danau Maninjau.

Baca juga: Bupati Agam Kukuhkan Perpanjangan Masa Jabatan 54 Pengurus Bamus Nagari

"Dengan kegiatan ini semoga lestari hutannya, lestari juga alamnya," sebut Andri Warman.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024