Pjs Wako Bukittinggi Ajak Masyarakat Aktivasi IKD, Ini Manfaatnya

Minggu, 06 Oktober 2024, 22:56 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Pjs Wako Bukittinggi Ajak Masyarakat Aktivasi IKD, Ini Manfaatnya
Pjs Walikota Bukittinggi, Hani S Rustam memperlihatkan smartphone-nya yang telah diaktivasi dengan identigas kependudukan digital (IKD) pada kegiatan World Walking Day tahun 2024 di Gapura ABS-SBK, Ahad. (hamriadi)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

BUKITTINGGI (6/10/2024) - Pjs Walikota Bukittinggi, Hani S Rustam mengajak seluruh warga untuk beralih ke Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Dengan adanya aplikasi IKD, ungkap dia, urusan administasi akan lebih mudah daripada menggunakan identitas fisik KTP-el.

"Dengan menggunakan IKD, bukan hanya pelayanan yang semakin mudah tetapi masyarakat juga akan lebih mudah ketika melakukan transaksi pelayanan publik atau privat hanya melalui telepon genggam," ungkap Hani.

Hal itu dikatakannya, saat meninjau layanan IKD yang digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bukittinggi dalam acara World Walking Day tahun 2024 di Gapura Adaik Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah, Ahad.

Baca juga: Pjs Wako Bukittinggi Minta TPID Pantau Harga Sembako Tetap Terjangkau

Identitas Kependudukan Digital (IKD) adalah informasi elektronik yang dapat digunakan sebagai pengganti KTP-el dalam Pemilu 2024.

IKD merujuk pada sistem identitas digital yang digunakan untuk menggantikan KTP fisik.

IKD menggunakan aplikasi berbasis smartphone yang memungkinkan individu untuk mengakses dan membuktikan identitas mereka secara elektronik.

Produk Identitas Kependudukan Digital (IKD) berupa aplikasi Digital ID. Aplikasi ini bisa diunduh di play store untuk Android dan apple app store untuk pengguna IOS.

Baca juga: Camat Nanggalo Fasilitasi 79 Warga Komplek Permata Surau Gadang Aktivasi IKD, Ini Syarat dan Langkahnya

"Ayo seluruh warga Bukittinggi, mari kita gunakan identitas kependudukan digital. Banyak manfaatnya, mengurus apapun hanya dengan melalui handphone, semua bisa terealisasi," ungkap dia.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024