Bamus DPRD Sumbar Kunjungan Kerja ke Riau, Dorong Realisasi Rencana 3 Kerjasama

Selasa, 09 Mei 2023, 12:59 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bamus DPRD Sumbar Kunjungan Kerja ke Riau, Dorong Realisasi Rencana 3 Kerjasama
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar didampingi anggota Bamus DPRD Sumbar, bertukar cenderamata dengan pimpinan DPRD Riau dalam agenda kunjungan kerja, Senin. (humas)

PEKANBARU (8/5/2023) - Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Syafar mengatakan, Riau dan Sumbar merupakan provinsi yang bertetangga serta telah banyak melakukan kerjasama di berbagai sektor.

"Selain studi banding, kita bersilaturahmi dan menindaklanjuti kerjasama yang belum terealisasikan," ungkap Irsyad Safar yang memimpin studi banding Bamus DPRD Sumbar ke DPRD Riau di Pekanbaru, Senin.

Terkait tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi) Bamus, ungkap Irsyad, niatnya untuk menggali informasi dari Banmus DPRD Riau untuk penguatan Tupoksi Banmus DPRD Sumbar.

"Apa-apa saja inovasi yang dilakukan untuk mengakomodasi kegiatan kedewanan, sehingga nanti bisa diterapkan di Sumbar," ungkap dia.

Baca juga: Gubernur Sumbar Klaim Target Cetak 100 Ribu Wirausahawan Telah Terlampui

Dikatakan, rapat Bamus statusnya merupakan rapat tertinggi kedua setelah paripurna. Sehingga, peran salah satu AKD ini sangat penting, terutama dalam penjadwalan kegiatan DPRD untuk melaksanakan fungsi kedewanan.

"Bamus merupakan bagian dari DPRD yang berwenang dalam penetapan jadwal atau agenda DPRD, meminta keterangan komisi atau badan dan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan tata cara pelaksanaan dan rancangan kegiatan," ungkap Irsyad.

Dalam banyaknya agenda penting yang akan dilaksanakan, apakah dalam penetapan jadwal kegiatan DPRD oleh Bamus didahului dengan Rapat Gabungan Pimpinan. Hal ini menjadi bahan yang diperdalam dengan Bamus DPRD Riau.

Selanjutnya yang menjadi hal yang didiskusikan adalah, dalam mengatur agenda kerja tahunan DPRD merupakan salah satu tugas Banmus.

Baca juga: Komisi III DPRD Kepri Cari Tahu Kiat Pembangunan Infrastruktur ke DPRD Sumbar

Langkah apa saja yang dilakukan oleh dalam penyusunan rencana kerja (Renja), serta kebijakan strategis apa yang dimasukkan kedalam rencana kerja tahunan DPRD tersebut.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: