Tim Penilai Tinarbuka 2023 Lakukan Visitasi ke Sekretariat DPRD, Ini Harapan Wagub Sumbar

Senin, 10 April 2023, 16:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tim Penilai Tinarbuka 2023 Lakukan Visitasi ke Sekretariat DPRD, Ini Harapan Wagub Sumbar
Dua orang tim penilai Tinarbuka KI Pusat 2023, dialog dengan Wagub Sumbar, Audy Joinaldy dan Raflis (Sekretaris DPRD) pada penilaian visitasi, Senin. (humas)

PADANG (10/4/2023) -- Dua orang tim penilai Tinarbuka 2023, Gede Narayana (KI Pusat) dan Ayu Riskia (Kementerian Dalam Negeri) lakukan visitasi ke kantor DPRD Sumbar, Senin.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Sumatera Barat, Raflis dinyatakan berhasil mempresentasikan keterbukaan informasi di lembaga legislatif ini sehingga dinyatakan lolos uji kepatutan di Jakarta, pekan lalu.

"Hari ini merupakan tahap akhir yang harus dilalui dalam penilaian Tinarbuka 2023 yaitu visitasi untuk cek fakta mengenai inovasi keterbukaan informasi publik yang telah disampaikan dalam presentasi," kata Narayana di ruang kerja sekretaris DPRD Sumbar.

Di visitasi ini, selain disambut Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis, juga hadir Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. Audy tampak ikut mendampingi proses cek fakta ini.

Baca juga: Halal Bihalal bersama IKTD Riau, Wagub Sumbar Paparkan Progres Jalan Tol Pekanbaru-Padang

Anugerah Tinarbuka merupakan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) pusat, untuk penerapan keterbukaan informasi publik oleh badan publik secara nasional.

Ayu Riskia menambahkan, prinsip dari Anugerah Tinarbuka adalah individu yaitu pimpinan dari OPD atau badan publik yang dinilai, terkait inovasi yang dilakukan dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik.

"Apa saja yang dilakukan, media atau instrumen apa yang disediakan atau diadakan untuk mengimplementasikan keterbukaan, hingga sejauh mana masyarakat mendapat kemudahan dalam hal pelayanan informasi yang disediakan termasuk juga intensitas masyarakat terhadap fasilitas akses layanan," terangnya.

Dalam visitasi ini, layanan informasi publik di Sekretariat DPRD Sumatera Barat yang ditinjau Tim Visitasi mulai dari fasilitas layanan penerimaan permintaan informasi, standar operasional prosedur (SOP) yang diterapkan, fasilitas Pojok Baca Digital (POCADI) hingga layanan digital melalui aplikasi dan website serta lainnya.

Baca juga: Wagub Sumbar Tinjau Lokasi Pascabencana Pessel dan Padang Pariaman

Jadi yang Terbaik

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: