Hari Ini Perkumpulan Padan Diluncurkan di Istana Bung Hatta Bukittinggi: Ada 10 Kasus Baru HIV/AIDS per Bulan di Sumatera Barat

Sabtu, 18 Februari 2023, 06:42 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Hari Ini Perkumpulan Padan Diluncurkan di Istana Bung Hatta Bukittinggi: Ada 10 Kasus...
Sejumlah kelompok masyarakat sipil akan mendeklarasikan Padan di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sabtu ini.

Berbagai data kasus HIV/AIDS, terang dia, sudah muncul di media-media yang terpercaya. Sebagai penguat gambaran keadaan yang mengkhawatirkan ini, sumber terpercaya mengungkapkan, setidaknya terjadi pertambahan 10 kasus baru per bulan.

"Ini berdasarkan yang datang untuk mendapatkan pengobatan. Mengikuti cara memperkirakan jumlah yang mendekati nyata, maka kasus yang muncul dikalikan 100," ungkap dia.

Mencermati pola perilaku kaum muda dan pola kehidupan (termasuk tempat tinggal kalangan muda), maka tidak berlebihan untuk memikirkan cara mendeteksi kasus HIV dikalangan remaja usia sekolah dan kuliah.

"Sebagaimana dilansir pihak Dinas Kesehatan Sumatera Barat, bahwa ibu rumahtangga dan para siswa (dan mahasiswa) termasuk kelompok beresiko. Beresiko menghadapi masalah kesehatan fisik, mental dan sosial, dalam berbagai tampilan masalah," ungkapnya.

"Hendaklah kita bijaksana melihat, bukan lembaganya yang dituding buruk tapi diperlukan pengelolaan yang lebih baik agar para siswa, yang tergolong berjihad mencari ilmu, terlindungi dengan pengelolaan yang lebih tepat menghadapi tantangan keadaan masa kini," terang Yulihasri.

"Kiranya kita tak perlu lagi data lebih jauh untuk memahami bahwa keadaan "tidak baik-baik saja," dan tidaklah berlebihan jika kita dorong banyak pihak untuk aktif ambil peran, dengan cara yang tepat, untuk merespon keadaan ini," tutupnya. (rls)

Halaman:
1 2 3

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: