PPK se-Kabupaten Limapuluh Kota Dilantik di Bukittinggi, Bupati: Bekerja Jangan dengan Perasaan

Kamis, 05 Januari 2023, 14:59 WIB | Kabar Daerah | Kab. Lima Puluh Kota
PPK se-Kabupaten Limapuluh Kota Dilantik di Bukittinggi, Bupati: Bekerja Jangan dengan...
Koordinator Divisi SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu Sumbar, Benny Aziz saat jadi pemateri pada Bimtek sekaligus pelantikan PPK se-Kabupaten Limapuluh Kota di Bukittinggi, Rabu. (satria putra)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Sebagai manejer konflik, PPK wajib meminalisir konflik dan sekali-kali jangan jadi aktor penyebab konflik. Oleh sebab itu, PPK harus bekerja penuh integritas dan profesional menyelenggarakan pesta demokrasi," katanya.

Untuk itu, ketika dihadapkan dengan konflik nantinya, harus dikembalikan kepada aturan, pedoman dan kode etik serta filosofi demokrasi itu sendiri.

"Untuk itu kita nantinya agar dalam melaksanakan tugas senantiasa menjaga integritas, moralitas dan profesionalisme berdasar azas prinsip penyelenggara pemilu," ucapnya.

Baca juga: Caleg PKS Bukittinggi Dicoret dari DCT

Yakni melayani pemilih dan peserta pemilu dengan adil dan setara. Selanjutnya, netralitas penyelenggara pemilu merupakan modal utama untuk mengawal dan menegakan demokrasi.

Sebab, katanya PPK merupakan tonggak utama dalam penyelenggraan pemilu di tingkat Kecamatan. Anggota PPK harus bisa bersinergi dengan Panwascam dan stakeholder lain. Mulai dari penyelenggaraan tahapan hingga apa yang terjadi di lapangan harus dikoordinasikan dengan baik.

"Perlu saling bergandeng tangan demi menegakan Pemilu yang jujur dan adil," lanjutnya.

Jangan Pakai Perasaan

Sementara itu, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo dalam sambutannya mengucapkan selamat sekaligus berpesan kepada PPK yang baru saja dilantik untuk memahami tupoksi tugas sesuai dengan peraturan KPU dalam penyelenggaraan pemilu.

"Harapan kita bekerja jangan berdasarkan perasaan, bekerjalah berdasarkan peraturan. Karena, dalam tugas akan berhadapan dengan berbagai macam kepentingan dan tujuan kelompok maupun golongan," ucap dia.

Selain itu, ia juga mengimbau, lebih mengutamakan kehati-hatian dan profesional dalam melaksankan tugas serta bekerja sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: