IHK Gabungan Dua Kota Alami Deflasi pada Oktober 2022: Ini 15 Jenis Tindak Lanjut Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Sumatera Barat

Kamis, 03 November 2022, 19:38 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
IHK Gabungan Dua Kota Alami Deflasi pada Oktober 2022: Ini 15 Jenis Tindak Lanjut Gerakan...
Infografis inflasi dua kota di Sumatera Barat, Padang dan Bukittinggi periode Oktober 2022.

Sementara itu komoditas pangan lainnya seperti telur ayam ras, daging ayam ras, minyak goreng dan mangga, mengalami penurunan harga yang juga didukung oleh kestabilan permintaan dan kecukupan pasokan.

Deflasi lebih lanjut tertahan oleh inflasi pada komoditas beras, ikan tongkol/ikan ambu-ambu, angkutan udara, bensin, bawang merah dengan andil inflasi masing-masing sebesar 0,18%; 0,04%; 0,04%; 0,02%; 0,02% (mtm).

Di sisi lain, komoditas beras kembali mengalami inflasi yang disebabkan oleh penurunan produktivitas hasil panen di Sumbar akibat tingginya curah hujan menyebabkan kenaikan kadar air pada gabah, serta terjadinya serangan hama wereng.

Baca juga: Inflasi Sumbar Februari 2024 Lampau Nasional, Mendagri Ingatkan Gubernur Sumbar

Ikan tongkol/ikan ambu-ambu, mengalami inflasi yang disebabkan oleh terbatasnya pasokan di pasar termasuk pasokan ikan laut lainnya, akibat cuaca buruk yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Angkutan udara mengalami inflasi yang disebabkan oleh kenaikan tiket pesawat dari maskapai akibat tingginya permintaan terutama pada akhir pekan di bulan Oktober.

Bensin kembali mengalami kenaikan sebagai dampak lanjutan kebijakan kenaikan BBM pada bulan September lalu terutama pada bensin eceran. Sementara itu, BBM non-subsidi jenis Dexlite dan Pertamina Dex juga tercatat mengalami kenaikan pada Oktober 2022.

Bawang merah mengalami inflasi yang disebabkan oleh penurunan jumlah pasokan akibat curah hujan yang tinggi berdampak pada hambatan produksi dan distribusi bawang merah yang telah melewati masa panen.

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barata, ungkap Gunawan, secara aktif melakukan berbagai langkah pengendalian inflasi daerah di Sumatera Barat dalam rangka menjaga inflasi yang rendah dan terkendali di tengah momentum pemulihan ekonomi.

Sebagai bentuk upaya extra effort pengendalian inflasi daerah khususnya komoditas pangan, telah diselenggarakan Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) pada tanggal 19 September 2022.

Beberapa bentuk tindak lanjut GNPIP dimaksud antara lain yaitu:

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: