Inflasi Sumbar Februari 2024 Lampau Nasional, Mendagri Ingatkan Gubernur Sumbar

Rabu, 06 Maret 2024, 14:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Inflasi Sumbar Februari 2024 Lampau Nasional, Mendagri Ingatkan Gubernur Sumbar
Di samping itu, Mahyeldi dijadwalkan juga akan mengikuti pertemuan dengan TPID dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kantor Bank Indonesia, terkait persiapan daerah menyambut Ramadan dan Idul Fitri. (*)

PADANG (6/3/2024) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi mengaku diingatkan Mendagri soal inflasi bulan Februari di Sumbar yang berada di angka 3,23. Sementara, inflasi nasional 2,75.

"Ini harus kita sikapi segera dengan langkah antisipasi yang strategis. Terlebih, kita akan menyambut Ramadan dan sebulan kemudian Idul Fitri," ucap Mahyeldi pada jajaran OPD terkait dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumbar, Senin (4/3/2024) malam.

Rapat ini digelar, usai Mahyeldi mengikuti rapat koordinasi Rakor dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta, Senin siang.

Usai rapat, Mahyeldi langsung kembali ke Padang dan menggelar rapat bersama jajarannya di Pemprov Sumbar, untuk membahas kesiapan daerah menjaga stabilisasi harga kebutuhan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Baca juga: Menko Perekonomian Nobatkan Sumbar jadi Nominator TPID Berkinerja Terbaik Kawasan Sumatera

Adapun beberapa hal yang disorot antara lain, lonjakan harga kebutuhan pangan yang menyebakan kenaikan inflasi Sumbar pada Februari 2024, utamanya komoditi beras, cabai merah, telur ayam ras, daging ayam ras, serta minyak goreng.

Selain itu, Mahyeldi juga menyoroti infrastruktur jalan dan moda transportasi, karena diprediksi Sumbar akan kedatangan banyak perantau pada momentum Lebaran tahun ini.

"Jangan sampai ada OPD yang bekerja secara biasa-biasa saja. Menyikapi hal ini, kita tidak boleh menunggu. Harus segera, karena ini urusan dasar masyarakat."

"Setiap OPD terkait harus memiliki peta kebutuhan, sehingga kita bisa mengantisipasi lonjakan harga. Seperti menjelang Lebaran, komoditi daging dan tepung juga harus terpetakan dengan rinci kebutuhannya," ucap Mahyeldi.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

Adapun terkait transportasi, Mahyeldi juga menekankan, agar OPD terkait segera menindaklanjuti kondisi jalan yang rusak dan butuh perbaikan segera.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: