Kendalikan Inflasi, Fadly: Tingkatkan Budidaya Tanaman Pangan di Pekarangan

Rabu, 31 Agustus 2022, 07:41 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Kendalikan Inflasi, Fadly: Tingkatkan Budidaya Tanaman Pangan di Pekarangan
Wako Padang Panjang, Fadly Amran bersama Forkopimda dan jajaran, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi secara virtual, Selasa. (kominfo)

"Semoga masyarakat bisa memahami kondisi inflasi ini. Kita tentu akan tetap bekerja keras agar berada di inflasi yang paling ringan," katanya.

Sebelumnya, dalam Rakornas yang dilaksanakan secara virtual ini, Tito Karnavian meminta setiap daerah agar melakukan operasi pasar.

"Aktifkan TPID, aktifkan Satgas Pangan, jaga komunikasi yang baik dan sebagainya," imbaunya.

Baca juga: Inflasi Sumbar Februari 2024 Lampau Nasional, Mendagri Ingatkan Gubernur Sumbar

"Salah satu faktor yang menaikkan inflasi ini adalah supply barang yang kurang dan banyak pedagang yang menimbun barang," sebutnya.
Sementara, Luhut menyebutkan, di tengah ketidakpastian global, Indonesia dihadapkan pada tantangan ekonomi yang tidak mudah.

Meski saat ini, Indonesia berada pada posisi yang baik, tetapi Indonesia masih dihadapkan pada tantangan inflasi, terutama inflasi pangan dan energi.

Untuk itu, ia meminta gubernur, bupati, wali kota, Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolda, Kapolres hingga Kapolsek untuk bekerjasama dengan kementerian/lembaga dan Bank Indonesia melakukan antisipasi kenaikan harga pangan dan energi di sisa tahun 2022.

"Identifikasi dengan rinci ketersediaan suplai (perkiraan sampai dengan akhir tahun) dan permintaan pangan di daerah masing-masing," ungkapnya.

"Langkah-langkah untuk memastikan ketersediaan suplai pangan, terutama bahan pangan yang secara historis trennya akan meningkat, harus dilakukan sejak saat ini. Di antaranya persiapan cold storage, penanaman di luar sentra produksi dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan kelancaran distribusi," paparnya.

Rakor tersebut diikuti Wako Fadly, Wakil Ketua DPRD, Imbral, Dandim 0307/TD, Letkol. Czi. Sutrisno, Kapolres, AKBP Donny Bramanto, Kejari, Nilma. J

uga hadir Sekdako, Sonny Budaya Putra, para asisten, kepala OPD terkait melalui Zoom Meeting di ruangan VIP Balai Kota. (ham)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: