Kementrian Pertanian Bantu 4.200 Dosis Vaksin PMK: 4.470 Ternak di Sumbar Terjangkit PMK, Wagub: Dagingnya Tetap Aman Dikonsumsi

Sabtu, 25 Juni 2022, 20:37 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Kementrian Pertanian Bantu 4.200 Dosis Vaksin PMK: 4.470 Ternak di Sumbar Terjangkit PMK,...
Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementrian Pertanian RI, Tri Melasari selaku penanggung jawab PMK di Sumatera Barat menyerahkan bantuan vaksinasi PMK pada Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy di Padang, Jumat. (humas)

"Bantuan diberikan berdasarkan proporsional populasi, target prioritas dan tingginya kejadian," katanya menjelaskan.

Senada dengan Audy, Tri Melasari juga menekankan komunikasi informasi dan edukasi pada peternak maupun masyarakat umum. Tri menilai, masih banyak masyarakat awam yang beranggapan bahwa PMK menular ke manusia, padahal penyakit ini tidak perlu dikhawatirkan akan menular.

Tri juga menyinggung adanya rencana relaksasi bagi peternak pengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang terdampak penyakit mulut dan kuku tersebut.

Baca juga: Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat ala Pemprov Sumbar Patut Dikembangkan

"Ini juga nanti akan kita koordinasi dengan pihak bank, bagaimana caranya supaya peternak pengakses KUR yang terdampak PMK bisa mendapat relaksasi," jelasnya lagi.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Peternakan Provinsi Sumbar, Erinaldi melaporkan bahwa sampai hari ini terdapat 16 kabupaten dan kota yang terdampak PMK.

Tercatat 4.470 kasus terjangkit, 670 sembuh, empat ekor mati dan 27 dipotong paksa. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: