Rehab Rekon Gempa Pasbar, Saran Ahli: Cukup Perbaikan dan Perkuat Sepanjang Rumah Masih Tegak

Selasa, 05 April 2022, 19:19 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Rehab Rekon Gempa Pasbar, Saran Ahli: Cukup Perbaikan dan Perkuat Sepanjang Rumah Masih...
Penanganan bangunan yang mengalami retak namun masih berdiri, sesuai saran ahli dari Fakultas Teknik Unand, Febrin Anas Isnmail, cukup diperbaiki dengan teknologi kawat anyam.

Pengetahuan ini telah disampaikan Febrin saat digelarnya Klinik Konstruksi yang diadakan Ranah Rantau Circle (RRC) bersama Pusat Studi Bencana (PSB) Unand, DPP IKA Unand, Dinas Perkimtan Sumbar dan Kogami serta lainnya.

Kegiatan ini telah digelar dua kali. Pertama kali di Nagari Persiapan Timbo Abu pada 20 Maret 2022 lalu. Dikesempatan itu, dihadiri Ketua Bamus Nagari Persiapan Timbo Abu, Suryanum, Abu Mulyadi (Wali Nagari Persiapan Simpang Timbo), Roni Eka Putra (tokoh pemuda) bersama sejumlah tukang dan pemilik rumah bertempat di rumah Ketua Bamus.

"Usai pemaparan Pak Febrin dengan moderator Tommy Susanto dari Kogami, dilanjutkan dengan praktek di rumah Pak Masril. Target awal tiga rumah, telah dilakukan perbaikan dengan membantu setiap rumah bahan baku berupa semen, pasir, paku seng dan kawat ayam," ungkap Direktur Eksekutif RRC, Ilhamsyah Mirman.

Baca juga: Tamsil Kusut Sarang Tempua Disampaikan Civitas Akademika Unand di Manifesto Penyelamatan Bangsa

Pada kegiatan 31 Maret 2022 di kantor Wali Nagari Kajai, hal serupa kembali dilakukan dengan moderator, Ilhamsyah Mirman, dihadiri Wali Nagari Kajai, Rahmadani beserta tukang dan pemilik rumah di sekitarnya.

"Direncanakan pada hari Rabu-Sabtu, 6-9 April 2022 di setiap jorong di Nagari Kajai dan Timbo Abu, akan dilakukan kegiatan serupa," terangnya. (kyo)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: