PMI Bentuk Tim SIBAT di 8 Kelurahan

Sabtu, 03 Oktober 2015, 16:13 WIB | News | Kota Bukittinggi
PMI Bentuk Tim SIBAT di 8 Kelurahan
Kader PMI cabang Padang, membagi-bagikan masker mengantisipasi dampak kabut asap, Sabtu (3/10/2015) di Jl Agus Salim tepatnya di simpang rumah potong, Padang. (istimewa)

VALORAnews - Panitia Pelaksana HUT PMI ke-70, Hamdani menjelaskan, kegiatan upacara peringatan HUT di pelataran parkir GOR H Agus Salim, Jumat (2/10/2015), merupakan puncak dalam memperingati hari jadi yang jatuh setiap 17 September.

"Peringatan HUT kali ini, kita telah melakukan rangkaian kegiatan seperti melakukan dua kali pelatihan. Pertama, pelatihan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). Kemudian, yang kedua kita memberikan pelatihan bagi Palang Merah Remaja (PMR) pemula," sebut Hamdani yang juga Wakil Ketua Bidang PMR dan Relawan di PMI Kota Padang.

Kemudian, jelas Hamdani, untuk Tim SIBAT, juga telah dikukuhkan pada delapan kelurahan. Di antaranya di Kelurahan Lubuk Minturun, Aia pacah, Kalumbuk, Cengkeh, Indarung, Limau Manis, Mata Air dan Bungus Selatan. Sementara, untuk tim SIBAT ini, enam kelurahan telah terbentuk sejak 2007 lalu.

"Tim SIBAT ini dibentuk, untuk dikhususkan pada daerah penyangga, bukan untuk daerah rawan. Dalam hal ini, mereka kita latih sebagai 'Kaum Anshar' atau kaum penolong bagi masyarakat, ketika terjadinya bencana. Karena, dalam meminimalisir dampak bencana, langkah salah satunya juga dengan meningkatan kapasitas SDM," jelas Hamdani, dikutip dari siaran pers Pemko Padang.

Baca juga: Sapa Relawan PMI di Lokasi Banjir Lahar Dingin Bukit Batabuah, Jusuf Kalla Sampaikan Terima Kasih

Kemudian, untuk pelatihan bagi PMR pemula, yaitu melakukan pembinaan bagi PMR kelompok pemula yang ada di tingkat SD, SMP dan SMA di Kota Padang. Untuk PMR pemula ini, ada 24 SMA, 11 SMP dan 6 SD yang dilatih.

"Ke depan, kita akan senantiasa menanamkan jiwa kesukarelaan kepada kader-kader PMI kategori Muda, Madya dan Pemula," tutupnya.

Adapun yang juga hadir pada acara peringatan HUT PMI Kota Padang ke-70 ini yaitu pengurus dan staf PMI Kota Padang, pengurus dan staf PMI Provinsi Sumatera Barat, Karyawan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Padang.

Kemudian, Kelompok Korps Sukarela (KSR) unit Markas dan Perguruan Tinggi, Kelompok Palang Merah Remaja (PMR) sekolah se-Kota Padang, Kelompok Tenaga Sukarela (TSR)/SIBAT, Pengurus PMI Kecamatan dan elemen lainnya dalam organisasi PMI. (vri)

Baca juga: Galodo Sumbar, Jusuf Kalla: Jika Kurang, Tambahan Relawan PMI Siap Siaga

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: