Dua Atlet Asal Padang Panjang Berlaga di PON Papua

Jumat, 10 September 2021, 17:29 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang Panjang
Dua Atlet Asal Padang Panjang Berlaga di PON Papua
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang Panjang, Ferimer. (kominfo)

PADANG PANJANG (9/9/2021) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padang Panjang, optimistis dalam memajukan olahraga prestasi. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pembinaan olahraga prestasi, pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi akan jadi fokus perhatian.

"Saat ini ada 36 cabang olahraga (Cabor) berada di bawah pembinaan KONI Padang Panjang. Di tengah keterbatasan anggaran saat ini, kita tetap menjalankan program pemenuhan sarana latihan bagi atlet. Pengadaan peralatan latihan juga jadi fokus, walau saat ini tengah pandemi," ungkap Ketua KONI, Ferimer, Kamis.

Dikatakan, KONI sebagai induk organisasi dari cabang olahraga, meliputi pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kota Padang Panjang.

Ferimer menambahkan, bulan lalu pihaknya sudah turunkan Tim Monev guna memetakan kebutuhan alat latihan. "Sarana dan prasarana menjadi kendala besar di setiap cabor. Sebanyak 18 cabor telah terverifikasi untuk mendapatkan pengadaan sarana latihan saat ini," ucapnya.

Baca juga: Koni Agam Gagas One Cabor One Event, Edi Busti: Geliatkan Olah Raga Sekaligus Pemulihan Ekonomi

Dengan keterbatasan anggaran, tambahnya, KONI tetap bertekad bagaimana supaya atlet tetap berprestasi dengan pemenuhan sarana latihan. Kegiatan pembinaan terhadap cabor yang terdaftar di KONI juga harus tetap berjalan.

"Dua atlet Padang Panjang, cabang pencak silat, Beni Ario Putra dan atlet tarung derajat, Nur Rahimah bakal mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua. Selain mereka, juga ada pelatih tarung derajat, Edi Gunawan," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Maiharman mengatakan, pandemi berpengaruh besar terhadap sebagian besar pembinaan olahraga. Terutama olahraga permainan yang ada pembatasan kegiatan.

Sementara, untuk olahraga individual seperti kempo, taekwondo, tarung derajat dan silat, programnya masih berjalan dengan cukup bagus.

Baca juga: Koni Agam Desak Provinsi Pastikan Pelaksanaan Porprov XVI Tahun 2025, Ini Alasannya

Ditambahkan Kabid Olahraga, Alanda Syarif, peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun ini menjadi momentum peningkatan prestasi olahraga khususnya di Kota Padang Panjang.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: